Liburan ke Dieng, Kunjungi 3 Destinasi Asyik Ini!

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 21:21 WIB
loading...
Liburan ke Dieng, Kunjungi 3 Destinasi Asyik Ini!
Tidak sah rasanya berlibur ke Dieng kalau belum mampir ke Kebun Teh Tambi. Kebun yang memiliki pemandangan bak karpet permadani dengan latar belakang Gunung Sindoro ini bisa menjadi tempat pelepas penat yang tepat.
A A A
WONOSOBO - Secara administratif, Dieng terletak di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Destinasi wisata yang sering disebut sebagai Negeri di Atas Awan ini berada di ketinggian lebih dari 2.000 mdpl.

Tempat yang selalu diselimuti awan ini memiliki berbagai objek wisata menarik seperti bukit, kawah, hingga kebun teh. Beberapa waktu lalu, Dieng begitu menarik perhatian dengan suksesnya acara Dieng Culture Festival, sebuah acara yang dimaksudkan untuk mempromosikan kebudayaan Dieng.

Festival yang baru diadakan kembali setelah pandemi Covid-19 ini, mengangkat tema Return of The Light, dengan harapan pariwisata yang ada di Dataran Tinggi Dieng bisa kembali bangkit dan bersinar lagi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, berpendapat Dieng Culture Festival bisa menjadi event bertaraf internasional. Hal tersebut bisa terwujud dalam waktu 3 sampai 5 tahun ke depan. “Dieng potensial menjadi destinasi wisata bertaraf internasional, karena sejumlah potensi kekayaan budaya dan alam yang dimiliki bisa menjadi magnet bagi para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara,” ucap Sandiaga.

Mulai tertarik untuk berlibur ke Dieng? Namun sebelum itu, jangan lupa saksikan NGANTRI atau Ngobrol Bareng Mas Menteri setiap akhir pekan secara LIVE di akun Instagram @pesona.indonesia. Ikuti juga kuisnya dengan cara follow akun Instagram @pesona.indonesia, jawab pertanyaan di kolom komentar, dan mention 3 temanmu untuk ikutan, ya! Raih ragam hadiah menarik dari Pesona Indonesia.

Inilah 3 tempat wisata asyik yang bisa dikunjungi saat berlibur ke Dieng!

1. Puncak Sikunir
Puncak Sikunir adalah salah satu objek wisata primadona di Dataran Tinggi Dieng (Dieng Plateau) yang berlokasi di Desa Sembungan, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Tempat wisata ini terkenal sebagai lokasi yang menyajikan pemandangan matahari terbit terindah se-Asia Tenggara.

Puncak Sikunir atau bisa juga disebut Bukit Sikunir juga terkenal dengan sebutan Golden Sunrise, sehingga wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara berbondong-bondong datang untuk menikmati keindahan matahari terbit.

Untuk melihat keindahan matahari terbit di tempat terbaik, kamu harus membayar tiket masuk dengan harga yang cukup terjangkau dan perlu mendaki sejauh 800 meter dengan durasi perjalanan kurang lebih 45 menit. Pendakian ini bisa dilakukan mulai pukul 03.30 WIB, karena matahari terbit di daerah Dieng ini biasanya terjadi pada pukul 05.30 WIB.

Selama melakukan pendakian diharapkan berhati-hati, karena banyak anak tangga yang harus dilewati dan penerangan yang minim. Lalu gunakanlah pakaian yang hangat karena pada dini hari, udara di Bukit Sikunir cukup dingin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)