Kembali Digelar, Senam Sehat Indonesia Diikuti Lebih dari 2.000 Lansia

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 09:40 WIB
loading...
Kembali Digelar, Senam Sehat Indonesia Diikuti Lebih dari 2.000 Lansia
Senam Sehat Indonesia kembali digelar. Diikuti oleh lebih dari 2.000 lansia, kegiatan senam bersama ini merupakan rangkaian dari acara Musyawarah Nasional. Foto/Syifa Fauziah
A A A
JAKARTA - Senam Sehat Indonesia kembali digelar setelah sempat vakum karena pandemi Covid-19. Diikuti oleh lebih dari 2.000 lansia , kegiatan senam bersama ini merupakan rangkaian dari acara Musyawarah Nasional.

Ir. Suparmo selaku penanggung jawab acara menjelaskan kegiatan senam ini awalnya digelar 5 tahun sekali. Namun kini menjadi 4 tahun sekali. Masyarakat pun tampak antusias setiap mengikuti acara ini.

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 2.000 lansia datang dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jogjakarta dan Jawa Barat.

“Hebat lho. Dari dulu sebenarnya antusiasnya luar biasa. Kalau sebelum pandemi dihadiri 8.000 orang tapi sekarang karena pandemi dan faktor ekonomi jadi hanya 2000-an. Tapi Alhamdulillah masih banyak yang datang,” kata Ir. suparmo di kawasan Metland Cileungsi, Sabtu (8/10/2022).



Selain untuk menjalin silaturahmi, Ir. Suparmo menjelaskan bahwa senam bersama ini juga digunakan untuk memperkenalkan senam Wai Tan Kung. Tak hanya bagus untuk kesehatan, senam Wai Tan Kung juga dipercaya bisa memberikan kebahagiaan.

“Prinsip dasarnya adalah pemijatan (accu pressure) sambil senam untuk memperoleh tenaga dalam (chi), yang akan mempercepat permudaan sel-sel tubuh dan dapat meningkatkan sistem imun,” jelas Ir. Suparmo.

Kegiatan ini juga disertai dengan hiburan dan pemberian penghargaan kepada peserta yang hadir dan mendukung acara tersebut.

“Acara ini juga sekaligus bisa berkontribusi dan berdampak positif pada perekonomian negara, melalui transport, penginapan, konsumsi, tiket masuk tempat wisata, dan oleh-oleh,” tutur Ir. Suparmo.



Ir. Suparmo berharap acara ini bisa terus berjalan dan berlangsung tiap 4 tahun sekali. Bahkan pada 2025 mendatang Senam Bersama Nasional dan Musyawarah Nasional SSI/WTK akan diadakan di Madiun, Jawa Timur.

“Semoga perkumpulan SSI/TKW tetap eksis dan berkembang serta berkontribusi terhadap pemerintah dalam hal memasyarakatkan olahraga dan mengolah gerakan, agar bisa sehat dan bahagia,” tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)