Kunjungi Palopo Sulsel, Sandiaga Uno Apresiasi Desa Kambo Masuk 50 Besar ADWI 2022

Rabu, 12 Oktober 2022 - 19:58 WIB
loading...
Kunjungi Palopo Sulsel, Sandiaga Uno Apresiasi Desa Kambo Masuk 50 Besar ADWI 2022
Menparekraf Sandiaga Uno mendorong Desa Wisata Kambo, yang berada di Kota Palopo, agar meningkatkan kualitas dan mengoptimalkan potensi atraksi wisata yang ada wilayahnya. / Foto: dok. Kemenparekraf
A A A
PALOPO - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif(Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong Desa Wisata Kambo, yang berada di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, agar meningkatkan kualitas dan mengoptimalkan potensi atraksi wisata yang ada di wilayah tersebut.

Menparekraf Sandiaga saat melakukan visitasi ke Desa Wisata Kambo, Rabu (12/10/2022), melihat langsung potensi keindahan alam yang ada di Desa Wisata Kambo.

"Selamat Desa Wisata Kambo berhasil masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Saya sangat takjub, pertama pemandangan ini sangat indah dan epik serta ikonik. Pemandangan ini juga jadi daya tarik yang sangat bisa dikemas dalam konsep sunrise dan sunset," kata Menparekraf Sandiaga.

Baca juga: Selain Masalah Ekonomi, Ini Beberapa Faktor Pemicu Terjadinya KDRT

Desa Wisata Kambo memiliki karakter geografis yang khas berupa wilayah pegunungan, lembah, dan dataran yang masih sangat asri. Wilayah kelurahan Kambo memiliki luas 11,42 km persegi dan dihuni sebanyak 1.080 jiwa.

Daya tarik Desa Wisata Kambo pun beragam, seperti Puncak Sarangsarang yang menyuguhkan gumpalan awan yang menyelimuti kawasan puncak. Jungle trekking menuju Puncak Sarangsarang menampilkan keragaman hayati khas Sulawesi menjadi daya tarik wisata yang lain.

Ada juga, Kolam Renang Kambo Highland resort yang memberikan pengalaman berenang di dataran tinggi 531 mdpl, dengan dikelilingi pegunungan hijau dan lanskap resort yang estetik.

Dengan beragam potensi tersebut, Menparekraf Sandiaga pun mendorong Desa Wisata Kambo untuk bisa menggarap potensi keindahan alam, budaya, hingga kekuatan produk ekonomi kreatifnya. Tujuannya, agar mampu meningkatkan kunjungan wisatawan yang pada akhirnya berdampak pada terciptanya lebih banyak lapangan kerja untuk masyarakat.

"Karena desa ini memiliki puncak yang dapat melihat Kota Palopo dari atas, mungkin ini bisa dikemas dengan adanya romantic dinner. Selain itu, mungkin yang bisa dikembangkan ecotourism, trekking, atau juga sport tourism_. Nanti misalnya ada kegiatan lari, ataupun sepeda gunung yang bisa dikembangkan di sini," kata Menparekraf.

Kunjungi Palopo Sulsel, Sandiaga Uno Apresiasi Desa Kambo Masuk 50 Besar ADWI 2022
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1130 seconds (0.1#10.140)