Cegah Anak Terlahir dengan Katarak Kongenital, Asri Welas: Sebaiknya Vaksin Rubela Sebelum Menikah

Kamis, 13 Oktober 2022 - 14:31 WIB
loading...
Cegah Anak Terlahir dengan Katarak Kongenital, Asri Welas: Sebaiknya Vaksin Rubela Sebelum Menikah
Aktris Asri Welas mendorong setiap wanita untuk melakukan vaksinasi rubella. Itu dilakukan sebagai langkah pencegahan anak terlahir katarak kongenital. Foto/Kevi Laras/MPI
A A A
JAKARTA - Aktris Asri Welas mendorong setiap wanita untuk melakukan vaksinasi rubella. Itu dilakukan sebagai langkah pencegahan anak terlahir katarak kongenital.

Sebagaimana diketahui, Asri memiliki satu buah hati yang mengidap katarak kongenital atau gangguan penglihatan sejak lahir. Putra kedua yang bernama Rayyan Gibran Ridharaharja, diketahui katarak setelah usia kurang lebih 3 bulan.

"Anak-anak yang lahir dengan katarak itu biasanya ada masalah dikehamilan, sebaiknya saat sebelum menikah jalani vaksin rubela. Jadi ketika saat hamil tidak memiliki kecenderungan punya bayi dengan katarak kecil," ungkap Asri Welas dalam Acara Optik Tunggal Donasi 2025 Kacamata Katarak, di Jakarta, Kamis (13/10/2022).

Sehubungan dengan itu, Asri mengatakan sang anak termasuk beruntung karena tidak memiliki banyak virus di tubuhnya. Ibran hanya memiliki virus di bagian mulut, sehingga menghambat perkembangan bicara dan baca sang anak.



Presenter kondang ini juga mengatakan kalau manfaat vaksinasi rubella bagi wanita cukup besar. Di mana bisa menekan kemungkinan bayi terlahir katarak.

Namun jika anak sudah memiliki katarak, Asri pun menyarankan agar segera melakukan operasi mata. Dengan tujuan tidak menghambat perkembangan anak.

"Anak lahir dengan katarak sudah pasti punya virus dibadannya jadi agar anak tidak lahir dengan katarak ya vaksin terlebih dahulu," katanya

"Lantas kalau anak sudah lahir dengan latar bagaimana? ya langkahnya segera lakukan operasi. Supaya sinar matanya cepat distimulasi dan panca inderanya berkembang baik," jelas Asri.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2223 seconds (0.1#10.140)