Berbedakah Gagal Ginjal dengan Gangguan Ginjal Akut? Begini Penjelasan IDAI

Selasa, 18 Oktober 2022 - 16:15 WIB
loading...
Berbedakah Gagal Ginjal dengan Gangguan Ginjal Akut? Begini Penjelasan IDAI
Masalah kesehatan gangguan ginjal akut yang banyak dialami anak berusia 1-5 tahun semakin mengkhawatirkan. / Foto: ilustrasi/news18
A A A
JAKARTA - Gangguan ginjal akut yang banyak menyerang anak-anak berusia 1-5 tahun makin hari makin mengkhawatirkan. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pun mencatatkan kasusnya sudah mencapai sekitar 180-an.

Hal itu membuat banyak masyarakat yang bertanya-tanya, sebetulnya gangguan ginjal akut ini penyakit baru atau lama? Bukankah masalah gagal ginjal sudah banyak dialami masyarakat?

Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia, dr. Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K), mengatakan, memang betul masalah gangguan ginjal itu sudah ada sejak lama. Namun, pada kasus ini terdapat kekhasan.

Baca juga: Waspada Gangguan Ginjal Akut, Orang Tua Disarankan Tidak Buru-Buru Beri Anak Obat ketika Demam

"Pada umumnya, anak-anak yang mengalami gangguan ginjal itu karena pembentukan ginjalnya tidak sempurna yang artinya ada kelainan bawaan saat bayi lahir. Nah, pada gangguan ginjal akut ini pasien anak tidak punya riwayat masalah ginjal. Anak-anak ini sehat sebelumnya," jelas dr. Piprim dalam sesi Instagram Live @idai_ig, Selasa (18/10/2022).

Selain itu, sifat penyakitnya juga khusus, yaitu gangguan ginjal akut ini bersifat rapid progressive. Maksudnya, hanya dalam hitungan hari atau minggu, perburukan langsung terlihat dengan cepat.



"Makanya, ada beberapa kasus yang sebelumnya si anak cuma batuk demam biasa, tapi besoknya langsung enggak keluar pipis sama sekali. Artinya, perburukan kondisi kesehatan terjadi begitu cepat," jelasnya.

Lagipula, sambung dr. Piprim, hingga saat ini penyakit gangguan ginjal akut masih misterius karena penyebabnya belum dipastikan. Beda dengan gangguan ginjal pada umumnya yang dialami bayi atau anak, yaitu kelainan bawaan.

Baca juga: Deretan Film Jepang Tampilkan Unsur Islam, Ada yang Sajikan Peristiwa Tahun Gajah

"Makanya disebutnya juga sebagai penyakit misterius karena penyebab penyakit belum dapat dipastikan karena apa. Ini juga yang membuat kami khawatir," tukasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)