alexa snippet

Atasi Radang Gusi Tanpa Dokter

Atasi Radang Gusi Tanpa Dokter
Radang gusi memang sangat menganggu. Namun, untuk mengatasinya, kita bisa memanfaatkan sejumlah bahan kebutuhan harian yang ada di rumah. (Foto: Istimewa)
A+ A-
JAKARTA - Senyum yang cemerlang memang menawan dan dambaan semua orang. Tapi, ada kalanya insiden kecil terjadi kita gosok gigi, gusi berdarah misalnya. Jika ini terjadi, mungkin Anda mengalami radang gusi dan ini sangat umum karena sering diderita bayak orang.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah pergi ke dokter yang akan mendiagnosa masalah gusi Anda dan memberikan nasihat untuk menyembuhkannya. Tapi, jika Anda tidak sempat pergi ke dokter gigi, ada baiknya Anda tengok persediaan kebutuhan di rumah yang bisa mencegah pendarahan di gusi Anda.

1. Minyak Cengkih
Dianggap sebagai salah satu obat rumahan terbaik. Minyak cengkih mampu membantu mengurangi radang gusi dan menghentikan pendarahan. Caranya, ambil beberapa tetes minyak cengkih dan gosokkan ke gusi Anda atau kunyah satu atau dua butir cengkih. Anda mungkin akan merasakan sedikit sensasi terbakar, tapi itu akan mengurangi peradangan.

2. Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki banyak kegunaan medis dan salah satunya adalah mengurangi peradangan gusi. Ambil sedikit daging lidah buaya dan pijatkan ke gusi Anda. Biarkan daging itu melekat di gusi Anda sebelum Anda berkumur. Penyakit gusi ringan bisa diatasi dengan mengonsumsi carian yang mengandung lidah buaya alami.

3. Sikat Gigi dan Bersihkan Sela Gigi
Jika Anda tak mau menderita radang gusi, maka Anda harus mulai merawatnya dengan sikat gigi dan membersihkan sela gigi dua kali sehari. Cara ini tidak hanya akan membuat Anda mendapatkan senyum cemerlang tapi juga membantu Anda menjaga terkena sejumlah masalah gusi dan gigi.

4. Konsumsi Buah dan Sayuran Segar
Mengonsumsi buah dan sayuran segar dan mentah tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh tapi juga penting untuk kesehatan gusi. Buah dan sayur itu kaya vitamin, mineral dan rendah kalori. Mengunyah sayuran mentah bisa membantu memperbaiki peredaran darah di gusi yang kemudian membantu mengurangi pendarahan gusi.

5. Berkumur dengan Garam
Salah satu cara termudah dan paling simpel dengan memanfaatkan persediaan di rumah adalah berkumur dengan air garam. Caranya, campur sedikit garam dengan air hangat kuku dan berkumurlah tiga kali sehari. Pastikan airnya tidak panas karena bisa menyebabkan luka bakar.
(hyk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top