Mengenal Karbohidrat Kompleks, Sehat hingga Bikin Kenyang Lebih Lama

Minggu, 23 Oktober 2022 - 04:30 WIB
loading...
Mengenal Karbohidrat Kompleks, Sehat hingga Bikin Kenyang Lebih Lama
Mengenal manfaat karbohidrat kompleks untuk tubuh, sehat dan bikin kenyang lebih lama. Foto/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Karbohidrat merupakan sumber energi utama tubuh manusia. Orang yang sedang menjalankan program diet, sebagian besar menghindari makanan yang mengandung karbohidrat. Namun, sebenarnya perlu untuk menemukan karbohidrat yang tepat, dan tidak menghindarinya.

Untuk mencukupi kebutuhan makronutrient tersebut, makanan dengan karbohidrat kompleks menjadi pilihan yang tepat bagi orang yang sedang menjalankan program diet, sekaligus para penderita diabetes.

Dilansir dari Healthline (22/10/2022), semakin kompleks karbohidratnya, semakin baik karena mengandung lebih banyak nutrisi. Karbohidrat kompleks lebih tinggi serat, dan mencerna lebih lambat. Hal ini menyebabkan rasa kenyang bertahan lebih lama. Sehingga bisa disimpulkan bahwa karbohidrat kompleks adalah pilihan yang baik untuk mengontrol berat badan.

Jenis karbohidrat kompleks juga ideal untuk penderita diabetes tipe 2 karena membantu mengelola lonjakan gula darah setelah makan.



Serat dan pati adalah dua jenis karbohidrat kompleks. Serat sangat penting karena meningkatkan keteraturan usus dan membantu mengendalikan kolesterol.

Sumber utama serat makanan meliputi:

* Buah-buahan

* Sayuran

* Kacang

* Kacang polong

* Biji-bijian utuh

Pati juga ditemukan di beberapa makanan yang sama dengan serat. Perbedaannya adalah makanan tertentu dianggap lebih bertepung daripada berserat, seperti kentang.

Makanan tinggi pati lainnya adalah:

* Roti gandum

* Sereal

* Jagung

* Gandum

* Kacang polong

* Nasi

Karbohidrat kompleks adalah kunci kesehatan jangka panjang. Karbohidrat kompleks lebih mudah untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan bahkan dapat membantu menjaga penderita diabetes tipe 2 dan masalah kardiovaskular di masa depan.

Karbohidrat kompleks bisa didapatkan dari beberapa makanan berikut ini,

1. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh adalah sumber serat yang baik, serta potasium, magnesium, dan selenium. Pilih biji-bijian utuh yang kurang diproses seperti quinoa, soba, dan pasta gandum utuh.

2. Buah kaya serat

Beberapa di antaranya adalah apel, beri, dan pisang. Hindari buah kalengan karena biasanya mengandung sirup tambahan.

3. Sayuran kaya serat

Makan lebih banyak semua sayuran Anda, termasuk brokoli, sayuran hijau, dan wortel.

4. Kacang

Selain serat, ini adalah sumber folat, zat besi, dan potasium yang baik. Memilih karbohidrat yang tepat membutuhkan waktu dan latihan. Dengan sedikit riset dan pengamatan yang tajam untuk label nutrisi, Anda dapat mulai membuat pilihan yang lebih sehat untuk memberi energi pada tubuh Anda dan melindunginya dari komplikasi jangka panjang.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)