Apa Penyebab Kanker Kulit dan yang Dirasakan Pengidapnya?

Sabtu, 05 November 2022 - 05:05 WIB
loading...
Apa Penyebab Kanker Kulit dan yang Dirasakan Pengidapnya?
Kanker kulit biasanya tumbuh di epidermis (lapisan paling luar kulit), sehingga tumor (benjolan) dapat terlihat dari luar. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Kanker kulit adalah pertumbuhan sel di kulit pada taraf yang tidak normal. Penyebab kanker kulit berbeda-beda dan tingkat keganasannya pun tak sama. Kanker kulit paling umum terjadi pada lapisan sel skuamosa, basal, dan melanosit.

Kanker kulit biasanya tumbuh di epidermis (lapisan paling luar kulit), sehingga tumor (benjolan) dapat terlihat dari luar, sehingga kanker kulit merupakan jenis kanker yang paling mudah ditemukan gejalanya pada stadium awal.

Kanker kulit juga merupakan kanker yang paling sedikit risiko kematiannya pada penderita. Hal ini disebabkan karena kulit jarang dapat mencapai organ-organ vital seperti jantung, paru-paru, ginjal, dan juga batang otak pada manusia.



Penyebab Kanker Kulit

Penyebab kanker kulit adalah adanya mutasi atau kerusakan genetik di jaringan sel kulit. Paparan radiasi sinar ultraviolet (UV), baik dari cahaya matahari maupun alat (tanning atau sterilisasi), secara berlebihan menyebabkan terjadinya kerusakan genetik tersebut.

Ada faktor risiko yang memicu terjadinya kanker kulit pada seseorang. Faktor risiko kanker kulit dibedakan menjadi 2 tipe, yaitu internal dan eksternal.

Faktor Internal

- Riwayat Keluarga : risiko terkena kanker kulit akan meningkat bagi seseorang yang memiliki keluarga dekat dengan memiliki kondisi medis seperti ini sebelumnya.

- Kadar Melanin Kulit Rendah : melanin merupakan pigmen yang memberi warna kulit alami dan berfungsi sebagai pelindung sinar ultraviolet. Karena itulah, risiko terkenanya kanker kulit akan meningkat bagi seseorang yang memiliki kadar melanin yang rendah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1703 seconds (0.1#10.140)