Pertunjukan Seni Budaya Sabang Merauke: Libatkan Ratusan Penari dan Musisi saat Latihan di 2 Kota

Minggu, 06 November 2022 - 16:02 WIB
loading...
Pertunjukan Seni Budaya Sabang Merauke: Libatkan Ratusan Penari dan Musisi saat Latihan di 2 Kota
Persiapan demi persiapan dengan ratusan seniman dan puluhan musisi terus digeber untuk menghasilkan pagelaran seni budaya Sabang Merauke yang spektakuler yang dihelat di Ciputra Artpreneur, Jakarta. Foto/Thomas Manggalla
A A A
JAKARTA - Persiapan demi persiapan dengan ratusan seniman dan puluhan musisi terus digeber untuk menghasilkan pagelaran seni dan budaya Sabang Merauke yang spektakuler yang dihelat di Ciputra Artpreneur, Jakarta, pada Sabtu dan Minggu, 12 dan 13 November 2022.

Sandhidea Cahyo Narpati, Koreografer Pagelaran Sabang Merauke, menyebut keterlibatan penari daerah begitu penting pada acara ini karena masyarakat sudah tahu seperti apa pementasan pagelaran Sabang Merauke melalui dua pertunjukan sebelumnya, tentu pihaknya akan memberikan penampilan dengan kemasan yang berbeda kali ini.

"Adanya keterlibatan penari daerah menjadi penting karena kita bisa sama-sama menggali lebih dalam kekentalan koreografi dan unsur-unsur ikonik di daerah tersebut yang bisa ditonjolkan lebih kuat lagi saat pementasan di Ciputra Artpreneur mendatang," ujar Sandhidea di sela sesi latihan bersama para penari di Sleman, Yogyakarta, Jumat (4/11/2022).

Nantinya, sambung Sandhide, koreografi yang disuguhkan juga akan berkaitan dengan ide besar merajut kebhinekaan di Indonesia dari Sabang hingga Merauke Diharapkan, dalam pertunjukan selama kurang lebih 1 jam ini, seluruh penonton bisa semakin mengenal dan mencintai khazanah budaya peninggalan leluhur bangsa.

Baca Juga: Meriahkan Pentas Seni Budaya Maluku Utara, Pertamina Dukung Gernas BBI

"Kami juga berharap penonton membawa pulang rasa bangga dan rasa ikut memiliki kekayaan budaya Indonesia yang tak ternilai harganya. Ini menjadi tantangan besar, kami akan paduan suara Batavia Madrigal Singers bekerja keras sehingga pesan tersebut bisa divisualisasikan dengan apik di atas panggung nanti," ujar Sandhidea.

Selain itu, pementasan juga akan semakin spesial dan meriah karena akan melibatkan paduan suara dari Batavia Madrigal Singers, pemegang gelar Juara European Grand Prix for Choral Singing 2022 ini dimana keterlibatan mereka dalam Pagelaran Sabang Merauke ini tak lepas dari besarnya nilai-nilai kebangsaan yang tersaji dalam pementasan ini. Pagelaran Sabang Merauke mengusung konsep live performance yang akan menyajikan 22 lagu yang berisikan 21 lagu daerah dan satu lagu nasional dirangkai secara harmonis.

Beberapa nomor lagu daerah familiar di telinga penonton ini diperkuat dengan kemegahan suara Batavia Madrigal Singers diantaranya ialah Sik-Sik Sibatumanikam (Sumatera Utara), Gending Sriwijaya (Sumatera Selatan), Ondel-Ondel (Jakarta), Janger (Bali), Si Patokaan (Sulawesi Utara), dan Yamko Rambe Yamko (Papua). Kesan grande akan terlihat dengan variasi mood yang berbeda di setiap lagu tersebut.

"Kalau dilihat dari dua pertunjukan sebelumnya, konsep Pagelaran Sabang Merauke ini sangat menarik karena memadukan lagu daerah dari Sabang sampai Merauke lengkap dengan tari-tariannya menjadi sebuah kesatuan dan merepresentasikan nilai-nilai kebhinekaan bangsa. Kami bersyukur punya kesempatan ikut tampil dalam pementasan yang bagus karena mengangkat kekayaan seni budaya lagu tradisional ini," ucap Aksa Syadri, Koordinator Batavia Madrigal Singers.
(hri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2957 seconds (11.252#12.26)