Yakin Covid-19 Bisa Menular lewat Udara, Ratusan Ilmuwan Peringatkan WHO

Rabu, 08 Juli 2020 - 01:01 WIB
loading...
Yakin Covid-19 Bisa Menular lewat Udara, Ratusan Ilmuwan Peringatkan WHO
Para ilmuwan menyerukan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO untuk merevisi rekomendasi. / Foto:
A A A
JAKARTA - Ratusan ilmuwan menyebutkan jika terdapat bukti bahwa virus corona baru dalam partikel yang lebih kecil di udara dapat menginfeksi orang. Menyusul temuan ini, para ilmuwan menyerukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk merevisi rekomendasi.

(Baca juga: Pentingnya Tetap Bergerak Aktif di Masa Pandemi Covid-19 )

WHO mengatakan, virus corona baru menyebar terutama dari orang ke orang melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut, yang dikeluarkan ketika seseorang dengan Covid-19 batuk, bersin atau berbicara.

Dalam surat terbuka kepada WHO, sebanyak 239 ilmuwan di 32 negara menguraikan bukti yang menunjukkan partikel yang lebih kecil dapat menginfeksi manusia. WHO tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

"Apakah dibawa oleh tetesan besar yang memperbesar melalui udara setelah bersin, atau oleh tetesan dihembuskan jauh lebih kecil yang dapat meluncur jauh di ruangan, virus corona baru di udara dan dapat menginfeksi orang ketika dihirup," kata para ilmuwan sebagaimana dilansir Times Now News.

Namun, badan kesehatan dunia itu mengatakan bahwa bukti virus yang mengudara tidak meyakinkan.

(Baca juga: Jaga Kesehatan di Tengah Cuaca Ekstrem dengan 5 Superfood Ini )

"Terutama dalam beberapa bulan terakhir, kami telah menyatakan beberapa kali bahwa kami menganggap penularan melalui udara sebagai mungkin. Tetapi tentu saja tidak didukung oleh bukti yang kuat atau bahkan jelas," ujar Dr. Benedetta Allegranzi, pimpinan teknis pencegahan dan pengendalian infeksi WHO .
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1602 seconds (0.1#10.140)