Indonesian Day di London, Sandiaga Uno: Jadi Momentum Promosi Wisata dan Ekraf RI di Inggris

Selasa, 08 November 2022 - 14:55 WIB
loading...
Indonesian Day di London, Sandiaga Uno: Jadi Momentum Promosi Wisata dan Ekraf RI di Inggris
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pelaksanaan Indonesian Day di London menjadi momentum yang baik sekaligus upaya mempromosikan potensi wisata dan ekraf RI di Inggris. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pelaksanaan Indonesian Day di London, Inggris menjadi momentum yang baik sekaligus upaya mempromosikan potensi wisata dan ekonomi kreatif (ekraf) Indonesia di Inggris.

Lebih lanjut, Sandiaga juga menyebut, Indonesian Day merupakan rangkaian acara yang mengajak warga London dan sekitarnya untuk merasakan pengalaman berwisata di Indonesia. Kegiatan ini diinisiasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di London dan berlangsung pada 6-8 November 2022.

"Indonesian Day bisa menjadi sarana yang baik untuk memperkenalkan bukan hanya pariwisata destinasi Indonesia, tapi juga produk-produk ekonomi kreatif Indonesia," ujar Sandiaga dalam keterangan resminya dalam kunjungannya ke Indonesian Day di Vinegar Yard London, Inggris, Minggu 6 November 2022.

Sandiaga menyebut, bahwa adanya pelaksanaan Indonesian Day di London ini dapat membuka peluang untuk meningkatkan kunjungan dari wisatawan khususnya dari Inggris (UK).

Baca Juga: Hadiri Indonesian Day, Sandiaga Uno Dorong Penciptaan Lapangan Kerja

Sandiaga menjelaskan, saat ini wisatawan asal Inggris menempati posisi kelima dari jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus ditingkatkan, seiring telah pulihnya sektor pariwisata di Indonesia, lantaran suksesnya pemerintah menangani pandemi Covid-19.

Sandiaga bilang, jika kedua belah pihak yaitu Indonesia dan UK dapat berkolaborasi, maka angka yang sebelumnya 400 ribu wisatawan pada 2019, bisa ditingkatkan dengan paket-paket wisata lebih mengarah kepada eco-tourism, wellness tourism. Termasuk promosi ekonomi kreatifnya seperti kuliner dan fashion, kriya, dan film-film Indonesia agar bisa ditingkatkan.

"Saya melihat bahwa ada peluang-peluang naik dari posisi lima ke posisi tiga sehingga Inggris ini menjadi sasaran pasar utama kita," ujarnya.
(hri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1429 seconds (10.177#12.26)