Kartini, Anak Tukang Becak yang Kini Sukses Renovasi Rumah Orang Tua Hingga Beli Kendaraan

Rabu, 09 November 2022 - 07:38 WIB
loading...
Kartini, Anak Tukang Becak yang Kini Sukses Renovasi Rumah Orang Tua Hingga Beli Kendaraan
Source: dokumentasi pribadi Kartini
A A A
JAKARTA - Keinginan kuat untuk memperbaiki keadaan ekonomi keluarga, membawa Kartini berani melangkahkan kaki seorang diri ke ibu kota untuk mengadu nasib. Iya, Kartini, gadis kelahiran Banjarnegara, Jawa Tengah, ketika usia belianya yakni 19 tahun, memantapkan tekad mencari pekerjaan di Jakarta.

Jauh-jauh dari Banjarnegara, Jawa Tengah, Kartini pergi ke ibu kota demi bisa mengurangi beban finansial keluarganya. Di kampung halaman, ayahnya bekerja sebagai penarik becak, sedangkan ibunya bekerja sebagai penjahit.

Menyaksikan keadaan keluarganya, ia merasa terpanggil untuk turut membantu mengurangi beban keluarganya. Apalagi, menurut Kartini, umur kedua orang tuanya sudah tidak muda lagi.

Ia merasa sedih kala menyaksikan keadaan ayahnya yang bermandikan peluh mengayuh becak tapi dengan upah yang tidak seberapa. “Waktu itu sedih rasanya lihat Bapak kecapekan. Rasanya pengen aku aja yang kerja, makanya aku nekat merantau,” kata Kartini.

Kartini pun berangkat seorang diri ke ibu kota demi mencari pekerjaan yang bisa memenuhi biaya hidupnya dan keluarganya. Kemudian, ia mendapatkan pekerjaan di sebuah pabrik yang memproduksi produk-produk kesehatan wanita.

Mencari Pekerjaan Sampingan
Meski telah bekerja, upah Kartini tidak cukup untuk menutup biaya hidupnya sendiri di ibu kota dan orang tuanya di kampung. Padahal beban yang harus dilakukan sangat berat untuk Kartini tangani sendiri.

Dengan keadaan ini, Kartini tidak tinggal diam. Ia mencari tambahan penghasilan dengan berjualan skincare. Namun, lagi-lagi hasilnya belum cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup Kartini dan keluarga.

Berangkat dari situ, Kartini memutuskan untuk mencari pekerjaan sampingan yang lebih fleksibel, yaitu dengan mencoba mendaftarkan diri ke Shopee Affiliates Program.

Setelah bergabung, ternyata penghasilan pertamanya sebagai affiliate setara dengan gaji bulanan dari pekerjaan utamanya sebagai pegawai pabrik.

Di media sosial, Kartini memilih fashion sebagai tema dari beragam konten-kontennya. Ia melihat minat anak muda saat ini terhadap fashion sangatlah tinggi. Maka, ia mengambil peluang itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2489 seconds (0.1#10.140)