Rabeg Cilegon, Menu Zaman Kesultanan Banten

Sabtu, 13 Desember 2014 - 13:10 WIB
Rabeg Cilegon, Menu Zaman Kesultanan Banten
Rabeg Cilegon, Menu Zaman Kesultanan Banten
A A A
BANTEN - KOTA Cilegon, sepertinya menyimpan banyak sekali hal-hal menarik yang dapat dinikmati ketika berkunjung dan berwisata ke kota tersebut. Selain memiliki beberapa objek wisata andalan berupa pantai serta pulau-pulau alami dengan pemandagan eksotik, berbagai hal lain juga dapat digali mengenai kota yang termasuk ke dalam wilayah provinsi Banten tersebut.

Misalnya sejarah yang menceritakan berbagai kisah mengenai kota Cilegon, pada masa kejayaan kerajaan Banten. Siapa yang menyangka pada masa kekuasan Sultan Ageng Tirtayasa, kota yang saat ini telah berkembang pesat, dahulu hanyalah sebuah desa kecil.

Selain berbagai lokasi dan objek wisata alam yang ditawarkan kota ini, ataupun berbagai pengetahuan yang menceritakan sejumlah sejarah akan kota Cilegon, hal lain yang dapat dinikmati pada kota yang telah dipecah ke dalam delapan kecamatan tersebut, adalah berbagai sajian makanan atau kuliner khas dari kota Cilegon.

Wisata kuliner merupakan salah satu kegiatan yang akan melengkapi kegiatan berlibur di sebuah kota tertentu. Berbagai kuliner khas yang menawarkan rasa lezat, serta dapat dinikmati di kota Cilegon, yakni Rabeg Cilegon, Sate Bebek Cibeber, Bekakak Ayam Kranggot, serta Kue Gipang.

Rabeg Cilegon, merupakan sajian kuliner khas kota ini, yang harus dicicipi ketika berkunjung ke kota Cilegon. Masakan berkuah yang sekilas tampak seperti gulai semur tersebut, merupakan sajian kuliner yang banyak diminati oleh penduduk serta wisatawan lokal.

Disamping itu, kuliner yang terbuat dari irisan daging kambing yang dipotong kecil-kecil serta dicampur dengan potongan jeroan tersebut, dapat dengan mudah ditemukan di beberapa lokasi seperti, rumah makan sederhana atau restoran, yang terdapat disekitar kota Cilegon ataupun Serang.

Kuliner ini juga menjadi salah satu menu dan menjadi hidangan wajib pada tiap-tiap acara kedaerahan yang diselenggarakan oleh masyarakat Banten. Karena Rabeg Cilegon, merupakan sajian kuliner yang dipercaya telah ada sejak masa kejayaan pemerintahan Sultan Hasanuddin.

Wah, siapa sangka masakan ini, telah diwariskan secara turun temurun sejak masa kejayaan kesultanan Banten? Pastinya masakan yang satu ini, menggunakan berbagai resep bumbu tradisional dan terbuat dari campuran berbagai rempah-rempah dengan aroma yang begitu khas.

Namun bagi anda yang takut akan kolesterol, tidak perlu khawatir? Menurut penuturan warga setempat, beraneka bumbu campuran pada hidangan Rabeg Cilegon, mampu menurunkan kadar lemak yang terdapat di dalam daging kambing tersebut.

Selain Rabeg Cilegon, jangan lupa untuk mencicipi hidangan Bekakak Ayam Kranggot, bila berkunjung dan berwisata ke kota yang berjarak sekitar 130 kilometer dari kota Jakarta ini. Sajian kuliner Bekakak Ayam Kranggot merupakan sajian khas yang berupa ayam bakar, juga merupakan salah satu hidangan yang sangat kaya akan citarasa begitu lezat.

Kuliner khas kota Cilegon tersebut, juga merupakan menu dari berbagai hidangan wajib yang dapat kita temukan dalam berbagai kegiatan kedaerahan dikota Cilegon, seperti Upacara Perkawinan.

Rasa yang ditawarkan oleh Bekakak Ayam Kranggot, sungguh terasa begitu khas dan nikmat. Persiapkan lidah anda untuk merasakan sensasi tekstur rasa yang begitu unik, yakni perpaduan antara rasa manis dan pedas.

Kuliner berikutnya yang dapat kita nikmati ketika berwisata ke kota Cilegon, yakni Sate Bebek Cibeber, atau lebih tepatnya Sate Bebek Khas desa Cibeber. Sate yang berbahan dasar daging bebek yang telah dibakar tersebut, menjadi salah satu hidangan lezat dan pastinya akan memanjakan lidah serta menemani kegiatan berwisata anda di kota Cilegon.

Keunikan rasa Sate Bebek Cibeber, terletak pada dagingnya yang terasa begitu lembut dan empuk, yang dilapisi oleh tekstur rasa pedas, manis, serta begitu gurih. Umumnya kuliner khas desa Cibeber ini, juga dihidangkan dalam bentuk semangkuk Sup daging bebek, yang juga menawarkan rasa begitu lezat dan nikmat.

Jika dinikmati dengan sepiring nasi yang pulen, pastinya akan terasa jauh lebih nikmat ya? Nah, kuliner khas kota Cilegon ini, juga dapat ditemukan dilokasi pusat jajanan Taman Sari, Kabupaten Serang.

Banyak sekali bukan sajian kuliner yang dapat dinikmati bila berkunjung ke kota industri Cilegon? Berbagai sajian kuliner tersebut, merupakan bagian dari beberapa objek wisata yang ditawarkan oleh kota Cilegon kepada wisatawan yang akan berkunjung dan berwisata kekota tersebut.

Jadi pastikan Anda tidak melewatkan berbagai hidangan khas tersebut ya? Berikutnya, apalagi kuliner khas kota Cilegon yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang?

Bagi Anda yang ingin menjadikan kuliner khas yang terdapat dikota Cilegon sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang, ada salah satu makanan yang dapat dijadikan sebagai buah tangan, yakni Kue Gipang. Kue yang terbuat dari beras ketan yang terlebih dahulu dikukus dan kemudian dijemur tersebut, merupakan pilihan tepat untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Untuk menemukan Kuliner yang disajikan dengan campuran pemanis alami dari gula dan asem, yang sebelumnya dimasak dengan cara digoreng terlebih dahulu, juga tidaklah sulit. Sebab, terdapat berbagai tempat berupa toko yang dapat kita temukan dikota Cilegon juga banyak menjajakan kue yang memiliki rasa gurih dan manis tersebut.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3836 seconds (0.1#10.140)