10 Ikan Penyebab Asam Urat, Jangan Dikonsumsi Berlebihan

Sabtu, 12 November 2022 - 07:00 WIB
loading...
10 Ikan Penyebab Asam Urat, Jangan Dikonsumsi Berlebihan
Ada 10 ikan penyebab asam urat. Ikan jenis ini sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan demi menjaga kadar asam urat dalam darah tetap normal. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada 10 ikan penyebab asam urat . Ikan jenis ini sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan demi menjaga kadar asam urat dalam darah tetap normal.

Ikan mengandung kadar purin yang rendah, sedang dan tinggi. Jadi, jika Anda terlalu banyak mengonsumsi jenis ikan tertentu, purin dapat menumpuk dan memicu serangan asam urat yang menyakitkan.

Penderita asam urat harus menghindari ikan dalam kategori purin tinggi, atau yang memiliki kandungan purin 400 miligram atau lebih per 100 gram ikan. Beberapa jenis ikan yang paling populer, sayangnya, tinggi purin.

Ikan tinggi purin ini idealnya dikonsumsi dua hingga tiga kali dalam seminggu jika Anda tidak mengonsumsi makanan kaya purin lainnya. Namun, kandungan purin ini perkiraan dan dapat berkisar antara spesies dengan metode memasak.

Baca Juga: 5 Obat Asam Urat Paling Ampuh yang Bisa Dibeli di Apotek

Berikut daftar ikan penyebab asam urat dengan tinggi purin dilansir dari Very Well Health, Sabtu (12/11/2022).

1. Ikan teri
2. Ikan tuna
3. Ikan sarden
4. Ikan salmon
5. Ikan halibut
6. Ikan kakap
7. Ikan kod
8. Ikan mas
9. Ikan perch
10. Ikan trout

Namun, manfaat kesehatan secara keseluruhan dari makan ikan mungkin lebih besar daripada risikonya bagi penderita asam urat. Porsi ikan yang moderat juga dapat menjadi bagian dari diet asam urat.

Asam urat adalah bentuk radang sendi yang menyakitkan yang terjadi ketika kadar asam urat yang tinggi dalam darah menyebabkan kristal terbentuk dan menumpuk di dalam dan sekitar sendi. Asam urat diproduksi ketika tubuh memecah zat kimia yang disebut purin.

Baca Juga: 5 Sayuran Penyebab Asam Urat, Tinggi Purin Jangan Dikonsumsi Berlebihan

Purin terjadi secara alami di tubuh, tetapi juga ditemukan dalam makanan tertentu. Asam urat dikeluarkan dari tubuh melalui urine. Diet asam urat dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Diet asam urat bukanlah obat. Tapi itu dapat menurunkan risiko serangan asam urat berulang dan memperlambat perkembangan kerusakan sendi. Orang dengan asam urat yang mengikuti diet asam urat umumnya masih membutuhkan obat untuk mengatasi rasa sakit dan menurunkan kadar asam urat.
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1700 seconds (10.101#12.26)