Pagelaran Sabang Merauke, Upaya Bangkitkan Nasionalisme Melalui Keragaman Budaya

Sabtu, 12 November 2022 - 23:40 WIB
loading...
Pagelaran Sabang Merauke, Upaya Bangkitkan Nasionalisme Melalui Keragaman Budaya
Pagelaran seni budaya Sabang Merauke menjadi bukti bahwa seniman dan musisi Tanah Air makin mencintai keberagaman seni budaya tradisional. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Pagelaran seni budaya Sabang Merauke menjadi bukti bahwa seniman dan musisi Tanah Air makin mencintai keberagaman seni budaya tradisional. Melalui kearifan budaya lokal, para penonton diajak untuk membangkitkan nasionalisme mereka.

Pementasan spektakuler ratusan seniman dan musisi Tanah Air ini berlangsung di Ciputra Artpreneur, Jakarta, pada 12-13 November 2022. Mereka menyuguhkan total repertoar 22 lagu dengan perpaduan 21 lagu musik daerah dan satu lagu nasional.

Sebanyak enam penyanyi nasional, yakni Kikan Namara, Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Taufan Purbo, Alsant Nababan, dan Swain Mahisa unjuk kemampuan di ajang yang telah digelar untuk kali ketiga ini. Mereka pun didukung Batavia Madrigal Singers, serta 46 musisi tradisional dan modern dibalut nuansa etnik kedaerahan.

Baca juga: 5 Daftar Lagu Bucin Indonesia yang Populer di TikTok

CEO dan Direktur Utama iForte dan Protelindo Group, Aming Santoso berharap keberagaman budaya, bahasa tradisional di Tanah Air dapat terus dirawat dan dilestarikan terutama anak-anak muda yang menjadi harapan bangsa.

"Masa dahulu, pemuda dan pahlawan bangsa berjuang demi mempertahankan Indonesia. Sekarang, adalah tugas kita untuk merawat kemerdekaan dan juga warisan adiluhung para leluhur bangsa dan pentas Sabang Merauke merupakan ajakan nyata bagi masyarakat khususnya generasi muda untuk kembali mencintai kemegahan karya-karya leluhur bangsa," tutur Aming di Ciputra Artpreneur, Jakarta.

Sementara, sutradara Pagelaran Sabang Merauke, Rusmedi Agus menyebutkan bahwa pagelaran ini merupakan sarana tepat bagi masyarakat untuk menyaksikan langsung keberagaman kekayaan warisan budaya leluhur bangsa.

Pagelaran Sabang Merauke, Upaya Bangkitkan Nasionalisme Melalui Keragaman Budaya

(Foto: istimewa)

"Kami berharap, semua yang menonton pementasan ini bisa pulang dengan rasa bangga telah terlahir di Indonesia," lanjut Rusmedi.

Bukan hanya menyuguh pertunjukkan keragaman budaya yang spektakuler, Pagelaran Sabang Merauke juga mengajak serta masyarakat umum untuk berbagi kepada sesama. Ya, hasil penjualan tiket didonasikan kepada seniman dan musisi daerah melalui yayasan kesenian.

Baca juga: Daftar Harga Tiket Konser Blackpink di Jakarta Resmi Dirilis, Paling Murah Rp1.350.000

Selain itu, tak kalah penting juga ada festival UMKM pilihan untuk membangkitkan semangat kebanggaan terhadap produk anak bangsa. Festival ini melibatkan 38 UMKM #banggalokal.
(nug)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2754 seconds (11.97#12.26)