5 Tempat Wisata yang Perlu Dihindari demi Kesehatan

Senin, 22 Desember 2014 - 12:48 WIB
5 Tempat Wisata yang Perlu Dihindari demi Kesehatan
5 Tempat Wisata yang Perlu Dihindari demi Kesehatan
A A A
JAKARTA - Berlibur banyak dipilih orang untuk menghilangkan stres dan bersantai. Tapi, liburan tak hanya tentang kesenangan. Tempat berlibur pun harus diperhatikan demi kesehatan Anda.

Seperti dilansir dari Everyday Health, ada sejumlah tempat wisata yang perlu dihindari untuk menjaga kesehatan. Kalau pun tetap ingin mengunjunginya, maka Anda harus benar-benar memperhatikan dan menjaga kondisi kesehatan.

1. Meksiko
Negara yang terletak di Amerika Utara ini memang terkenal dengan keindahan alamnya. Namun tahukah anda, negara yang satu ini rentan risiko kesehatan pencernaan. Menurut dokter spesialis penyakit menular dari Summit Medical Group in Berkeley Heights, Redentor Mendiola, MD negara yang satu ini rentan risiko kesehatan pencernaan.

"Keindahan alam dan budaya di sana memang menjadi tujuan berlibur banyak orang. Namun Meksiko tidak sehat karena di sana dikenal dengan penyakit diare yang parah," tutur dia.

Mendiola menyarankan, bagi yang ingin berlibur ke Meksiko dianjurkan harus minum hanya air kemasan. Jika ingin mengonsumsi es, sebaiknya es yang terbuat dari air kemasan. Lebih lanjut dia menambahkan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran yang dicuci dengan air bersih.

2. Republik Dominika
Sebagai wilayah yang masih berkembang, Republik Dominika masih menghadapi beberapa masalah kesehatan.

"Di Republik Dominika, ada laporan terkait wabah kolera. Kemungkinan ini diperoleh dari sumber air yang buruk," ujar Mendiola.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) menyarankan agar orang yang pergi ke negara itu untuk selalu emmbawa antibiotik, air bersih dan bahan kimia aman untuk pemurnian air.

3. Taman Nasional Yosemite
Taman nasional yang terletak di sebelah timur California, AS, ini terkenal dengan air terjun dan tebing granitnya. Tapi, akhir-akhir ini ditemukan penyakit paru hantavirus pulmonary syndrome yang berasal dari lokasi wisata ini. Penyakit ini disebabkan kontak langsung dengan kotoran tikus.

Pihak Yoesemite, terpaksa harus menutup perkemahan demi menghindari para turis terkena penyakit ini.

4. Irlandia
Pulau yang berjumlah lebih dari 4 juta jiwa dan termasuk anggota Uni Eropa ini memiliki risiko masalah kesehatan, terutama masalah obesitas. Hal ini sesuai dengan pendapat penulis Eating Mindfully, Susan Albers.

"Makanan dan minuman di sana banyak mengandung lemak tidak sehat sehingga berdampak buruk pada kesehatan. Kalori yang tinggi dari makanan membuat para turis menjadi gemuk dan mengurangi fungsi otaknya," kata Albers.

5. Kapal Pesiar

Berlibur dengan kapal pesiar, memang terkenal mewah dan mengasyikkan. Namun sayangnya, berlibur dengan kapal mewah itu dapat menyebakan penyakit infeksi.

"Kapal ini adalah tempat utama untuk infeksi, termasuk norovirus dan influenza menyebar karena tempat atau lingkup terbatas," ujar Direktur dari Pusat Kedokteran Mikologi dan Laboratorium Mikologi Referensi di RS Universitas Cleveland dan Case Western Reserve University, Mahmoud Ghannoum.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4981 seconds (0.1#10.140)