Seniman Bali Ungkap Kebanggaan Tampil di Depan Prabowo dan Menhan Turki

Selasa, 15 November 2022 - 15:55 WIB
loading...
Seniman Bali Ungkap Kebanggaan Tampil di Depan Prabowo dan Menhan Turki
Seniman Bali sedang menari Kecak untuk menyambut Prabowo dan Menhan Turki di KTT G20. Foto/Dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Bali dengan keindahan alam dan keragaman budayanya mewarnai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 . Rupa-rupa tari tradisional kerap disajikan untuk menyambut para tamu atau membuka acara menjelang perhelatan tersebut.

Kebanggaan dapat mempertontonkan budaya khas Bali dirasakan oleh Ketut Bagiana (40). Seniman pengampu Sanggar Eka Bakthi Budaya itu berkesempatan membawa timnya menampilkan tari kecak untuk menyambut pertemuan bilateral antara Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Turki, Hulusi Akar, Senin (14/11).

Ketut mengatakan, membawa timnya untuk menyambut pertemuan sebetulnya bukan hal baru. Tapi kali ini, ia mengaku sangat antusias lantaran terlibat menyambut kedua Menhan, terlebih pada Hulusi yang datang dari Turki sehingga dapat mengenalkan kesenian asli Bali secara langsung.



"Tampil begini sebetulnya sudah biasa, tapi ada rasa bangga ketika bisa mengenalkan tarian kami secara langsung saat semua mata saat ini sedang tertuju pada Bali," kata Ketut.

Sebagai seniman, lanjut Ketut, tidak ada yang lebih menyenangkan dibanding mendapat apresiasi atas karya-karyanya. Dia pun berharap penyelenggaraan KTT G20 di Bali dapat membuat kebudayaan pulau dewata itu lebih dikenal dunia.

Dalam menyambut pertemuan tersebut, 80 seniman terlibat untuk menampilkan Tari Kecak. Menhan dari kedua negara yang kompak mengenakan batik tampak menikmati tarian tersebut. Para kesempatan itu, dalang Tari Kecak pun melontarkan harapan untuk Prabowo di ujung penampilan.

"Semoga Pak Prabowo menjadi presiden selanjutnya," ujar dalang menutup penampilan.

(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)