Saus Tomat Kalengan Tak Baik untuk Kesehatan

Sabtu, 27 Desember 2014 - 06:30 WIB
Saus Tomat Kalengan Tak Baik untuk Kesehatan
Saus Tomat Kalengan Tak Baik untuk Kesehatan
A A A
JAKARTA - Pada jaman modern seperti sekarang ini, hampir setiap orang ingin memperoleh segala keinginannya dengan mudah tanpa perlu bersusah payah, sehingga banyak kebutuhan-kebutuhan yang disediakan secara instan. Termasuk dengan makanan.

Saat ini ada banyak makanan yang disediakan secara instan, seperti mi instan atau makanan kaleng. Makanan kaleng yang biasa di konsumsi sehari-hari, salah satunya adalah saus tomat kaleng. Makanan kaleng ini tersebut belum dapat terjamin keamanannya bagi kesehatan Anda. Ada beberapa bahaya dari saus tomat kaleng bagi kesehatan Anda yang dilansir dari boldsky.

1. Berisi sodium
Sodium nitrat buruk bagi orang yang menderita masalah tekanan darah. Natrium dapat mempengaruhi sistem pencernaan Anda. Dalam penggunaan makanan kaleng ini, dianjurkan hanya dikonsumsi sesekali, dan alangkah lebih baiknya jika Anda dapat membuat makanan tersebut dibuat sendiri.

2. Pemanis buatan
Seperti yang kita ketahui bahwa pemanis buatan tidak baik untuk kesehatan. Pemanis buatan dapat menyebabkan obesitas. Sebelum mengkonsumsi makanan kaleng, alangkah baiknya jika Anda terlebih dahulu tahu tentang kalori dalam tomat yang dihaluskan. Mual, nyeri di dada hingga sakit kepala dapat menyerang Anda, jika Anda mengkonsumsi secara berlebihan.

3. Mengandung aspartam
Dalam saus tomat kaleng terdapat aspartam. Aspartam adalah pemanis sintetis non-karbohidrat. Beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan jika aspartam ini dikonsumsi adalah pusing, penglihatan kabur, sakit kepala dan gangguan pencernaan.

4. Mengandung bahan pengawet
Banyaknya makanan kaleng yang beredar di pasaran memberikan kemudahan dalam menyimpan dan mengkonsumsi makanan. Makanan kaleng bahkan bisa menjadi pesediaan untuk hari-hari esoknya, karena biasanya makanan kaleng menggunakan bahan pengawet agar tahan lama. Bahan pengawet ini mengontrol pertumbuhan bakteri dan karenanya mereka datang berguna dalam makanan tertentu. Namun bagi Anda penderita asma, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8712 seconds (0.1#10.140)