5 Jajan Pasar yang Menyebabkan Asam Urat, Kenali dan Hindari

Senin, 21 November 2022 - 14:37 WIB
loading...
5 Jajan Pasar yang Menyebabkan Asam Urat, Kenali dan Hindari
Asam urat merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Salah satu penyebabnya mengkonsumsi Jipang Kacang. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Asam urat merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Salah satu penyebabnya adalah pola konsumsi makanan dengan kandungan purin dan fruktosa.

Dikutip dari jurnal "Kebiasaan Makan Makanan Tinggi Purin dengan Kadar Asam Urat", Mengkonsumsi makanan tinggi purin akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Biasanya, kandungan tersebut terdapat dalam sebuah makanan. Tak terkecuali jajanan pasar .

Baca juga : Asam Urat Kambuh? Begini Cara Mengobatinya

Berikut lima jajanan pasar yang menyebabkan asam urat :

1. Jipang Kacang

Meskipun kacang tanah merupakan jenis makanan yang aman bagi penderita asam urat dan bahkan dapat menjadi pemenuh protein yang baik. Namun beda cerita bila telah diolah menjadi jipang.

Jipang kacang sendiri merupakan makanan khas Jawa yang berbahan dasar kacang dan gula merah. Karena kandungan fruktosa dalam gula ditambah dengan kandungan purin dalam kacang tentu akan berbahaya jika dikonsumsi secara berlebih.

2. Emping

Bahan dasar pembuat emping, yakni melinjo mengandung sekitar 150 mg purin/100 gram yang tergolong tinggi dan dapat memicu asam urat, sehingga perlu dikurangi dalam konsumsinya.

Emping sendiri merupakan jenis cemilan seperti kerupuk yang tersedia dalam berbagai varian rasa di pasar, mulai dari yang polos hingga pedas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1913 seconds (0.1#10.140)