5 Artis Indonesia yang Punya Yayasan Sosial, Nomor 2 Fokus Pemerataan Pendidikan

Rabu, 23 November 2022 - 11:20 WIB
loading...
5 Artis Indonesia yang Punya Yayasan Sosial, Nomor 2 Fokus Pemerataan Pendidikan
Ada lima artis Indonesia yang mempunyai yayasan sosial. Para artis tersebut memiliki kepedulian tinggi akan masalah sosial yang ada di tengah masyarakat. Foto/Instagram Dian Sastrowardoyo
A A A
JAKARTA - Ada lima artis Indonesia yang mempunyai yayasan sosial. Para artis tersebut memiliki kepedulian tinggi akan masalah sosial yang ada di tengah masyarakat.

Yayasan sosial para artis Indonesia ini pun bergerak di bidang yang beragam. Seperti Dian Sastrowardoyo yang fokus pada pendidikan, pemberdayaan perempuan di Indonesia serta seni dan budaya.

Sebagai kontribusinya pada masyarakat, para artis Indonesia ini membuat sejumlah program melalui yayasan yang mereka dirikan. Tak hanya sekadar pendiri, mereka terjun langsung untuk membantu masyarakat.

Tentunya kehadiran yayasan ini memberikan manfaat besar bagi banyak orang. Berikut daftar artis Indonesia yang mempunyai yayasan sosial seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga: 4 Artis Indonesia yang Pernah Terkena Masalah Mental Health, Nomor Terakhir Tak Bisa Kontrol Ucapan

1. Dian Sastrowardoyo

5 Artis Indonesia yang Punya Yayasan Sosial, Nomor 2 Fokus Pemerataan Pendidikan

Foto/Instagram Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo memiliki yayasan bernama Yayasan Dian Sastrowardoyo. Melansir Instagram miliknya, yayasan ini bergerak pada bidang pendidikan, pemberdayaan perempuan di Indonesia, dan seni budaya. Dian mendirikan yayasan tersebut pada 2009 sebagai bentuk pencapaian dan rasa syukurnya.

Program pertama Yayasan Dian Sastrowardoyo merupakan berbagi buku berbagi ilmu guna menghidupkan taman bacaan. Program ini juga bertujuan untuk membantu siswa Sekolah Dasar (SD) yang membutuhkan ilmu pengetahuan.

Pada 11 Maret 2020, Dian mewakili yayasannya, serta beberapa mitra lainnya menandatangani nota kesepahaman dengan Pertamina Foundation demi terciptanya pemerataan pendidikan dan penyediaan beasiswa kepada para perempuan Indonesia.

2. Cinta Laura

5 Artis Indonesia yang Punya Yayasan Sosial, Nomor 2 Fokus Pemerataan Pendidikan

Foto/Instagram Cinta Laura

Yayasan Soekarseno merupakan yayasan yang dimiliki oleh keluarga Cinta Laura . Meskipun bukan Cinta yang mendirikannya, namun ia berperan aktif dalam berbagai kegiatan yayasan. Berdiri 2002, yayasan ini fokus pada pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan di Ciawi.

Selain itu, Yayasan Soekarseno juga melakukan renovasi bangunan sekolah dan mengupayakan pembayaran tunjangan guru yang baru bekerja. Cinta turut menyisihkan sebagian honornya untuk keperluan pembangunan pendidikan. Setidaknya, sudah ada 12 SD yang telah dibangun oleh yayasan ini.

Baca Juga: 5 Artis Pemeran Pahlawan Nasional, Begini Usaha Mereka untuk Dalami Karakter

3. Oki Setiana Dewi


5 Artis Indonesia yang Punya Yayasan Sosial, Nomor 2 Fokus Pemerataan Pendidikan

Foto/Instagram Oki Setiana Dewi

Oki Setiana Dewi memiliki yayasan bernama Maskanul Huffadz yang didirikan pada 2016. Yayasan tersebut terdapat di beberapa wilayah, seperti kota Bogor, kabupaten Bogor, Tangerang Selatan, Medan, Jambi, dan Padang.

Maskanul Huffadz menyediakan pondok pesantren dengan akses pendidikan gratis atau beasiswa penuh kepada para muslim dan Muslimah dengan rentang usia 18 hingga 24 tahun. Mereka akan diberikan waktu selama setahun untuk menghafal Al-Quran.

Setelah program selesai, siswa bisa mengajarkannya kembali dengan para penghafal. Beberapa program lain yang dimiliki yayasan ini adalah Maffaz Camp, Maffaz Bilmas (bimbingan Al-Quran), dan Maffaz Lughoh (program belajar bahasa Arab).

4. Nadia Mulya

5 Artis Indonesia yang Punya Yayasan Sosial, Nomor 2 Fokus Pemerataan Pendidikan

Foto/Instagram Nadya Mulya

Bersama dengan Aline Adita dan Kanaya Tabitha, model sekaligus aktris Nadia Mulya mendirikan yayasan bernama Rumah Pandai di 2014. Yayasan itu adalah wadah yang dikhususkan untuk membantu menyalurkan bantuan bagi korban bencana alam.

Ketika bencana erupsi gunung Sinabung pada 2014, Nadia dan rekan-rekannya langsung membantu para korban erupsi. Nadia sangat antusias menjalankan yayasan ini karena terinspirasi dari gerakan Indonesia Mengajar. Dirinya memerlukan banyak mahasiswa untuk menjadi relawan.

Baca Juga: 4 Artis Indonesia yang CLBK dengan Mantan Pacar, Nomor 2 dan 3 Sempat Ditinggal Nikah

5. Yuni Shara


5 Artis Indonesia yang Punya Yayasan Sosial, Nomor 2 Fokus Pemerataan Pendidikan

Foto/Instagram Yuni Shara

Yuni Shara memiliki ketertarikan pada pendidikan anak-anak dengan mendirikan PAUD Cahaya Pertama Abadi. Terletak di kampung halamannya yaitu Batu, Malang, Jawa Timur, yayasan ini ditujukan untuk anak-anak kurang mampu.

Dibangun menggunakan uang pribadi, Yuni mempersilahkan anak-anak yang kurang mampu untuk sekolah di tempatnya hanya dengan membayar SPP sebesar Rp3500. Selain itu, PAUD ini dilengkapi dengan fasilitas mewah terdiri dari tiga lantai.
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2983 seconds (11.210#12.26)