6 Film Barat yang Banyak Kena Sensor di Indonesia, Nomor 5 Diperankan Aktor Tanah Air

Rabu, 23 November 2022 - 14:33 WIB
loading...
6 Film Barat yang Banyak Kena Sensor di Indonesia, Nomor 5 Diperankan Aktor Tanah Air
Terdapat sejumlah film barat yang terkena sensor di Indonesia. Salah satunya Mortal Kombat. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah film barat yang terkena sensor di Indonesia. Bahkan salah satu di antaranya diperankan oleh aktor film Indonesia .

Film barat yang terkena sensor ini disebabkan adanya sejumlah adegan yang bertentangan dengan nilai dan norma di Indonesia. Apalagi ketika beberapa tahun belakangan negara barat tengah gencar dengan isu legalitas LGBT yang kerap mereka lampirkan dalam adegan film.

Baca juga : 4 Film Barat yang Kena Sensor di Bioskop, Nomor 2 Akibat Adegan Ciuman Sesama Jenis

Berikut enam film barat yang banyak kena sensor di Indonesia :

1. Midsommar

Film barat bergenre horor yang dibintangi Florence Pugh, Will Poulter, dan Jack Reynor, mengisahkan tentang kekasih yang tengah melancong ke Swedia, namun mereka justru menemukan beberapa kejanggalan.

Sejumlah adegan brutal dan memperlihatkan bagian intim para pemerannya juga membuat film ini awalnya akan gagal tayang di Indonesia. Namun pada akhirnya film ini berhasil tayang dengan penyensoran menyeluruh.

2. Eternals

Film Marvel yang dibintangi Gemma Chan, Richard Madden, Angelina Jolie, dan Ma Dong-Seok ini mengisahkan superhero terbaru dari MCU. Sayang harus terdapat beberapa adegan yang disensor ketika di tayangkan di Indonesia.

Adegan panas dan kisah hubungan sesama jenis jadi dua hal yang membuat Eternal harus mengalami proses penyensoran.

3. Hellboy

Dibintangi oleh David Harbour, Milla Jovovich, dan Sasha Lane, film yang mengambil kisah dari Dark Horse Comics ini harus mengalami pemotongan adegan karena banyak menunjukkan kesadisan dalam bertarungnya.

Sebenarnya Hellboy tergolong untuk usia di atas 21 tahun, namun di Indonesia diturunkan menjadi 17 tahun untuk mendapat banyak penonton. Karena itulah terdapat banyak penyensoran.

Baca juga : 3 Film Barat yang Tidak Lulus Sensor LSF Indonesia, Dilarang Tayang Gegara Adegan Vulgar dan Sadis

4. Bohemian Rhapsody

Film yang diangkat dari kisah nyata grup band legendaris Queen ini dibintangi oleh Rami Malek, Gwilym Lee, Joseph Mazzello, dan Ben Hardy.

Terdapat bagian kontroversial dalam film ini, dimana karakter utama justru memiliki orientasi seksual dengan sesama jenis. Hal inilah yang membuat terdapatnya pemotongan untuk beberapa adegan.

5. Mortal Kombat

Film action satu ini memang sempat dinanti nanti penayangannya karena menampilkan aktor Indonesia, Joe Taslim sebagai Sub Zero, yang menjadi antagonis utama. Namun film barat ini harus mengalami penyensoran di beberapa adegan.

Mortal Kombat memang sudah dikenal sebagai game yang kental akan kebrutalannya dalam bertarung. Setelah diadaptasi menjadi film, unsur kebrutalan itu juga masih dipertahankan. Namun inilah yang menjadi penyebab terdapatnya pemotongan adegan.

6. Deadpool 2

Baik dalam seri Deadpool maupun Deadpool 2 memang kerap menghadirkan sadisme dalam adegannya. Hal tersebut wajar karena target film ini memang menyasar kaum dewasa.

Namun hal tersebut justru membuatnya mengalami beberapa penyensoran di beberapa adegan karena permintaan dari LFS ke Century Fox. Alhasil terdapat sekitar 3 menit yang dipenggal dari film superhero itu.
(bim)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3636 seconds (11.97#12.26)