Rawat Warisan Budaya, Pendopo Fashion Show Angkat Keindahan Kain Sikka

Rabu, 23 November 2022 - 19:59 WIB
loading...
Rawat Warisan Budaya, Pendopo Fashion Show Angkat Keindahan Kain Sikka
Mengangkat keindahan kain Sikka, wastra nusantara tersebut berhasil diubah menjadi sesuatu yang lebih modern tanpa meninggalkan identitas warisan budaya. / Foto: Faisal Rahman
A A A
JAKARTA - Banyak cara yang dapat dilakukan untuk merawat warisan budaya , salah satunya menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Semakin budaya itu menjadi rutinitas, maka warisan tidak akan punah.

Konsep tersebut coba dilakukan Pendopo Fashion Show 2022. Mengangkat keindahan kain Sikka, wastra nusantara tersebut berhasil diubah menjadi sesuatu yang lebih modern tanpa meninggalkan identitas warisan budaya.

"Lewat acara ini, kami ingin memelihara kekayaan budaya Indonesia lewat tiga fokus utama yakni pengembangan produk, kolaborasi dengan pengrajin lokal, dan memperkenalkannya ke publik," ungkap Direktur Pendopo, Tasya Widya Krisnadi di Living World Tangerang Selatan, Rabu (23/11/2022).

Baca juga: Potret NCT Dream Pakai Baju Hijau Neon di Bandara, Disebut Mirip Anak SD

Agar kain Sikka semakin eksis, Pendopo tak hanya mengandalkan fashion desainer in-house, tapi juga berkolaborasi dengan dua desainer lokal yakni Didiet Maulana dan Iyonono.

"Lewat kolaborasi tersebut, kami ingin kain tenun Sikka dikreasikan lebih modern, sehingga dapat mengikuti selera masa kini," ujar Tasya.

Hadir juga di Pendopo Fashion Show 2022, Direktur Kuliner, Kriya, Desain, dan Fesyen Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Yuke Sri Rahayu.

Dalam paparannya, dia menjelaskan bahwa ajang seperti ini perlu diapresiasi karena sebagai upaya meremajakan budaya Indonesia. Selain juga meningkatkan kualitas pengrajin lokal sehingga produk fashion yang dihasilkan bernilai tinggi.



"Pendopo Fashion Show 2022 perlu didukung karena melakukan pendampingan pada warga Sikka secara langsung yang artinya budaya di sana dapat terus lestari, mengikuti zaman. Selain itu, dengan hadirnya desainer profesional dalam pengembangannya, itu dapat meningkatkan nilai dari produk fashion yang dihasilkan," jelas Yuke.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1565 seconds (0.1#10.140)