Dorong Usaha Kecil Menengah Naik Kelas dengan Kualitas, Program Dukung UMKM Kuliner Kembali Digelar

Kamis, 24 November 2022 - 16:16 WIB
loading...
Dorong Usaha Kecil Menengah Naik Kelas dengan Kualitas, Program Dukung UMKM Kuliner Kembali Digelar
Para narasumber dalam konferensi pers virtual program #DukungUMKMKuliner belum lama ini. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Mondelez Indonesia melalui sejumlah produknya kembali menghadirkan program #DukungUMKMKuliner dengan tema Berkelas Karena Kualitas pada tahun ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan, mendukung penuh inisiatif yang dilakukan oleh Mondelez Indonesia ini.

“Kami menyambut baik hadirnya inisiatif #DukungUMKMKuliner yang secara konsisten dihadirkan Mondelez Indonesia," kata Sandiaga dalam konferensi pers virtual, Rabu (23/11/2022).

Sandiaga menambahkan, UMKM kuliner telah menyumbang devisa yang sangat besar.

"UMKM kuliner menyumbang Rp455,44 triliun atau sekitar 41 persen dari total PDB ekonomi kreatif di tahun 2020. Selain itu, subsektor ini juga menyerap tenaga kerja sebesar 9,5 juta orang sehingga turut memberikan dampak besar terhadap perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, mendukung kebangkitan UMKM tentu sudah menjadi tanggung jawab kita bersama dalam upaya mendorong pemulihan ekonomi nasional,” jelasnya.

President Director Mondelez Indonesia Parveen Dalal menjelaskan, semangat #BerkelasKarenaKualitas dipilih sebagai tema program #DukungUMKMKuliner di tahun ini berdasarkan hasil survei The State of Snacking 2021 oleh Mondelez International.

"Survei ini mengungkap bahwa konsumen semakin selektif dalam memilih camilan, sehingga menjadikan persaingan di industri kuliner semakin ketat dan memberikan tantangan baru bagi pelaku UMKM kuliner,” papar Parveen.

Selama hampir 3 bulan penyelenggaraannya, inisiatif #DukungUMKMKuliner diikuti lebih dari 700 pelaku UMKM Kuliner dari berbagai wilayah Indonesia. Secara umum penyelenggaraan inisiatif ini terbagi menjadi tiga rangkaian besar yaitu pelatihan yang memberikan berbagai tips kreatif agar bisnis UMKM Kuliner naik kelas; kompetisi bisnis yang terbagi menjadi tiga kategori: Best Food Menu, Best Packaging Design, dan Best Marketing Promotion; serta konferensi pers sekaligus pengumuman pemenang kompetisi.

Penyelenggaraan program #DukungUMKMKuliner di tahun kedua ini kembali bersinergi dengan berbagai pihak, mulai komunitas Sahabat UMKM, GrabFood, NielsenIQ, Food Vlogger and F&B Business Owner MGDALENAF, serta Najla Bisyir selaku Owner & Founder Bittersweet by Najla.

Research Director NielsenIQ Anindita Septadiani menjelaskan, kebangkitan ekonomi pada industri UMKM juga didukung oleh temuan NielsenIQ dalam Household Spending Survey, di mana terdapat peningkatan alokasi pengeluaran rumah tangga untuk leisure activity. Salah satunya untuk aktivitas makan di luar, dari 27% pada Q2 2021 menjadi 30% dari total biaya pengeluaran rumah tangga pada Q2 2022.

“Agar bisa naik kelas, UMKM diharapkan jeli melihat peluang dan memahami perilaku konsumen dengan merumuskan strategi berkualitas, di antaranya dengan cara kolaborasi menu menggunakan produk berkualitas, memaksimalkan promosi digital dan layanan online delivery, serta berinovasi sesuai dengan tren yang sedang berkembang,” pungkas Anindita.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)