Terdampak Gempa Cianjur, Desa Wisata Situs Gunung Padang Alami Kerusakan 5 Persen

Kamis, 24 November 2022 - 21:29 WIB
loading...
Terdampak Gempa Cianjur, Desa Wisata Situs Gunung Padang Alami Kerusakan 5 Persen
Menparekraf Sandiaga Uno mendapatkan laporan bahwa Desa Wisata Situs Gunung Padang menjadi salah satu yang terdampak gempa Cianjur. / Foto: Instagram @sandiuno
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mendapatkan laporan bahwa Desa Wisata Situs Gunung Padang menjadi salah satu yang terdampak gempa bumi Kabupaten Cianjur, pada 21 November 2022.

Menurutnya, walaupun terdampak gempa bumi, namun kerusakan yang dialami Desa Wisata Situs Gunung Padang sekitar 5 persen. Sejauh ini, belum ada laporan lainnya terkait dengan kerusakan di kawasan tersebut.

"Kami baru saja mendapatkan update terakhir, bahwa desa wisata yang berhasil memenangkan Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2022 yaitu Desa Wisata Situs Gunung Padang, Cianjur kerusakannya sekitar 5 persen. Itu saya diberitahu Kadis Pariwisata Cianjur," jelas Sandiaga kepada MNC Portal saat ditemui di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Baca juga: Deretan Kuliner Khas Qatar yang Cocok untuk Menemani Nonton Piala Dunia 2022

Sandiaga juga menyebutkan jika minimalnya kerusakan dampak gempa bumi di Desa Wisata Situs Gunung Padang karena kawasan wisata tersebut sudah tersertifikasi Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability (CHSE), sehingga lebih siap menghadapi kejadian seperti gempa tersebut.

"Mereka berhasil memenangkan ini (CHSE). Sehingga dampaknya hanya di tempat masuk, saat wisatawan entry di Desa wisata Situs Gunung Padang," terangnya.

Sementara itu, di sentra ekonomi kreatif (ekraf) Kota Cianjur sendiri, kerusakannya relatif minimal. Sandiaga menyebut, antara 5 hingga 10 persen. "Per hari ini, kami belum diberitahukan jumlah korban jiwa yang signifikan," imbuhnya.



Sandiaga menurutkan bahwa saat ini tengah dilakukan pemulihan di kawasan wisata, termasuk jalur menuju Cipanas yang tertimbun longsor. Serta perlahan membantu para korban, termasuk pelaku parekraf yang masih dalam keadaan trauma akibat musibah bencana alam yang mereka lalui.

Begitu juga dengan wisata lainnya yang ada di Cianjur, Sandiaga mengatakan jika sementara ini ditutup sampai keadaan benar-benar kondusif dan kembali seperti semula.

Baca juga: 5 Artis Korea yang Menolak Adegan Seks di dalam Filmnya

"Ditutup sementara (wisata), termasuk di Cipanas yang dilaporkan kepada kami sekarang ini dilakukan perbaikan dulu, dan dipastikan kondisi bangunannya baik," tutupnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)