Mengenal Metatarsal, Cedera Patah Tulang yang Paling Ditakuti Pemain Sepak Bola

Jum'at, 25 November 2022 - 15:25 WIB
loading...
Mengenal Metatarsal, Cedera Patah Tulang yang Paling Ditakuti Pemain Sepak Bola
Menurut ahli di National Institutes of Health (NIH)-MedlinePlus, tulang metatarsal merupakan bagian tulang panjang pada kaki yang menghubungkan pergelangan kaki dengan jari kaki. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar sudah dimulai dan masih berlangsung dalam beberapa pekan ke depan. Selama beberapa hari telah digelar, beberapa timnas dari berbagai negara berduel cukup sengit.

Namun, dibalik sengitnya duel di lapangan hijau tersebut, beberapa pemain ada yang harus mengalami cedera. Bahkan dari sekian banyak cedera yang kerap dialami para pemain, terdapat salah satu cedera yang paling ditakuti, yakni patah tulang metatarsal.

Tak hanya dialami pesepak bola, cedera ini ternyata pernah menimpa salah satu model sekaligus selebriti Tanah Air, Luna Maya.

Lantas, apa itu patah tulang metatarsal? Dan seberapa bahaya jenis cedera satu ini sehingga sangat ditakuti oleh para atlet di lapangan hijau? Berikut ulasannya, dikutip dari Medline Plus, Jumat, (25/11/2022).

Baca Juga: Pemain Sepak Bola yang Menjadi Bintang Film Dewasa

Menurut ahli di National Institutes of Health (NIH)-MedlinePlus, tulang metatarsal merupakan bagian tulang panjang pada kaki yang menghubungkan pergelangan kaki dengan jari kaki. Tulang ini membantu menyeimbangkan tubuh saat kita berdiri dan berjalan.

Metatarsal terdiri dari lima tulang. Dari kelima tulang tersebut, tulang metatarsal ke-5 yang menghubungkan tulang luar ke jempol kaki, merupakan tulang yang yang paling sering retak.

Patahnya tulang metatarsal ke-5 ini juga disebut Jones fracture (fraktur Jones). Daerah tulang ini memiliki aliran darah yang rendah, sehingga membuat penyembuhan menjadi sulit.

NIH juga mengungkapkan, ada beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab patah tulang metatarsal. Contohnya, pukulan atau benturan secara tiba-tiba, putaran yang parah pada kaki (severe twist), atau penggunaan yang berlebihan.

Terdapat dua jenis penyebab patah tulang metatarsal, yaitu fraktur akut dan fraktur stres. Patah tulang metatarsal akut ini disebabkan oleh cedera atau trauma pada bagian kaki yang terjadi secara mendadak.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1321 seconds (11.97#12.26)