Deretan Makanan dan Minuman yang Perlu Dijauhkan dari Penderita Diabetes

Sabtu, 26 November 2022 - 23:48 WIB
loading...
Deretan Makanan dan Minuman yang Perlu Dijauhkan dari Penderita Diabetes
Diabetes yang tidak terkontrol menimbulkan berbagai konsekuensi serius, termasuk penyakit jantung, penyakit ginjal, kebutaan, dan komplikasi lainnya. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Diabetes merupakan penyakit kronis yang bukan hanya dialami orang dewasa, namun juga anak-anak. Diabetes mellitus atau yang dikenal dengan penyakit gula merupakan kondisi di mana kadar gula dalam darah cukup tinggi karena tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin, sehingga gula di dalam darah tidak dapat dimetabolisme.

Diabetes yang tidak terkontrol menimbulkan berbagai konsekuensi serius, termasuk penyakit jantung , penyakit ginjal, kebutaan, dan komplikasi lainnya.

Menjaga makanan tertentu bisa membantu Anda menjaga kadar insulin pada tubuh. Mempertahankan asupan karbohidrat rendah juga dapat membantu mengurangi risiko komplikasi diabetes. Oleh karenanya, seperti dilansir Healthline, penting untuk menghindari beberapa makanan dan minuman berikut ini.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Akun Media Sosial agar Tidak Mudah Bocor

1. Minuman yang Dimaniskan dengan Gula

Minuman manis adalah pilihan terburuk bagi penderita diabetes. Pertama, jenis minuman ini sangat tinggi karbohidrat seperti es teh manis dan limun dalam jumlah yang sama masing-masing mengandung hampir 45 gram karbohidrat secara eksklusif dari gula.

Selain itu, minuman ini sarat dengan fruktosa, yang sangat berhubungan dengan resistensi insulin dan diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman yang dimaniskan dengan gula dapat meningkatkan risiko kondisi terkait diabetes seperti penyakit hati berlemak.

Terlebih lagi, kadar fruktosa yang tinggi dalam minuman manis dapat menyebabkan perubahan metabolisme yang meningkatkan lemak perut dan kadar kolesterol dan trigliserida yang berpotensi berbahaya.

Untuk membantu mengontrol kadar gula darah dan mencegah risiko penyakit, konsumsilah air putih, atau es teh tawar daripada minuman manis.

2. Lemak Trans
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2236 seconds (10.101#12.26)