Kemenkes Beri Penghargaan kepada Pupuk Kaltim Terkait Pelabuhan Sehat, Ini Harapan Wamenkes Dante

Senin, 28 November 2022 - 11:22 WIB
loading...
Kemenkes Beri Penghargaan kepada Pupuk Kaltim Terkait Pelabuhan Sehat, Ini Harapan Wamenkes Dante
Terminal Khusus Pupuk Kaltim raih penghargaan Pelabuhan Sehat 2022 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, atas komitmen mewujudkan penyelenggaraan pelabuhan sehat dalam mendukung aktivitas bisnis perusahaan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Terminal Khusus (Tersus) PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) raih penghargaan Pelabuhan Sehat 2022 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, atas komitmen mewujudkan penyelenggaraan pelabuhan sehat dalam mendukung aktivitas bisnis perusahaan.

Penghargaan diterima VP Pelabuhan dan Pengapalan Pupuk Kaltim Sidiq Purnomo Nugroho, dari Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono, Rabu (23/11/2022).

Sidiq Purnomo Nugroho mengungkapkan Pupuk Kaltim berkomitmen mewujudkan lingkungan pelabuhan yang bersih, aman, nyaman dan sehat bagi komunitas pekerja serta masyarakat pelabuhan, sehingga dalam melaksanakan aktivitas tidak menimbulkan risiko kesehatan. Penghargaan ini menjadi bukti pelabuhan Pupuk Kaltim memenuhi kriteria unsur penyelenggaraan pelabuhan sehat, sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 44 Tahun 2014.

"Sejak 2020, Pelabuhan Pupuk Kaltim telah ditetapkan sebagai salah satu dari 8 pelabuhan sehat di Indonesia oleh Kementerian Kesehatan. Hal ini ditindaklanjuti melalui berbagai pengembangan program dalam mendukung aktivitas pelabuhan sehat guna mengantisipasi potensi risiko kesehatan," ujar Sidiq.

Baca Juga: Masa Transisi dari Pandemi ke Endemi, Wamenkes: Wujudkan Lingkungan Sehat

Selain itu, peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat bagi para pekerja juga menjadi perhatian Pupuk Kaltim, dengan mendorong optimalisasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), serta keamanan dan ketertiban di lingkungan pelabuhan.

“Seluruh indikator tersebut melalui verifikasi Kementerian Kesehatan, hingga dinyatakan memenuhi kriteria pelabuhan sehat sesuai Permenkes 44 Tahun 2014,” tandas Sidiq.

Termasuk selama pandemi Covid-19, pelabuhan Pupuk Kaltim melakukan sejumlah upaya konkret bagi seluruh aktivitas sandar kapal dan proses pemuatan barang. Mulai dari penerapan protokol kesehatan kerja sesuai kebijakan Perusahaan, pengecekan kapal di area anchorage oleh petugas kesehatan sebelum memasuki area pelabuhan, kebijakan pelarangan turun bagi kru kapal yang masuk, serta mewajibkan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) bagi seluruh kru kapal, utamanya yang berasal dari zona merah.

“Kebijakan tersebut diberlakukan tanpa terkecuali bagi seluruh kapal, sehingga potensi dan risiko kesehatan dari Covid-19 bisa diantisipasi secara optimal," papar Sidiq.

Baca Juga: Makassar dan Balikpapan Raih Penghargaan Pelabuhan Sehat Tahun 2020
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2589 seconds (10.101#12.26)