6 Sayuran yang Baik bagi Penderita Darah Tinggi, Konsumsi Tiap Hari

Senin, 28 November 2022 - 15:20 WIB
loading...
6 Sayuran yang Baik bagi Penderita Darah Tinggi, Konsumsi Tiap Hari
Darah tinggi dapat diupayakan penurunannya dengan mengonsumsi beberapa jenis sayuran. Foto Ilustrasi/SignatureMD
A A A
JAKARTA - Darah tinggi kerap disebut silent killer karena gangguan kesehatan tersebut bisa membahayakan nyawa manusia tanpa menunjukkan gejala terlebih dulu. Anda yang kini mengidap tekanan darah tinggi atau hipertensi , dapat melakukan upaya untuk mengatasinya melalui asupan sayur-mayur.

Ada setidaknya enam jenis sayuran yang baik bagi penderita darah tinggi. Sebab, sayuran ini dapat membantu menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi di dalam tubuh.

Hipertensi mengacu pada kondisi tekanan darah terhadap dinding arteri Anda. Seiring waktu, hipertensi dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah yang berujung pada penyakit jantung, ginjal, stroke, dan masalah kesehatan lain.

Baca Juga: 7 Rempah Pilihan untuk Menurunkan Darah Tinggi

Berikut adalah 6 sayuran yang baik bagi penderita darah tinggi.

1. Bayam

Bayam merupakan jenis sayuran tinggi nitrat serta sarat antioksidan, potasium, kalsium, dan magnesium. Menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah penelitian terhadap 27 orang, mereka yang mengonsumsi 500mL sup bayam nitrat tinggi setiap hari selama 7 hari mengalami penurunan tekanan sistolik (SBP) dan tekanan diastolik (DBP) dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi sup asparagus rendah nitrat.

Sup bayam juga mengurangi kekakuan arteri, yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

2. Wortel

Wortel mengandung senyawa fenolik tinggi seperti asam klorogenik, p-coumaric, dan caffeic yang membantu mengendurkan pembuluh darah serta mengurangi peradangan yang dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2213 seconds (10.101#12.26)