Agar UMKM Bisa Berkembang, Angela Tanoesoedibjo Tekankan Pentingnya Pendampingan

Selasa, 29 November 2022 - 18:38 WIB
loading...
Agar UMKM Bisa Berkembang, Angela Tanoesoedibjo Tekankan Pentingnya Pendampingan
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung kampanye nasional bangga buatan Indonesia dengan memberikan pendampingan kepada UMKM. / Foto: Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung kampanye nasional bangga buatan Indonesia dengan memberikan pendampingan kepada UMKM, termasuk di sektor ekraf untuk masuk ke dalam ekosistem digital.

Menurut Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo , pendampingan merupakan hal yang sangat penting.

"Kata terpenting di sini adalah pendampingan, agar para UMKM ini tidak sekadar on board masuk ke platform digital, namun mampu bersaing dan juga berkembang," ungkap Wamneparekraf Angela dalam day 3: Future & Ecosystems (Towards Metaverse, Smart & Safe Nation, Digital Economy & Startup, Future Data Science &AI) secara virtual, Selasa (29/11/2022).

Baca juga: Angela Tanoesoedibjo Dorong Para Pelaku UMKM Ekraf Maksimalkan Teknologi

Pada momentum KTT G20, lanjut Angela, Presiden Joko Widodo telah menekankan pentingnya ekonomi digital sebagai kunci masa depan perekonomian dunia.

Ekonomi digital menjadi pilar ketahanan di masa pandemi dengan kontribusi 15,5 persen dari PDB global, dan membuat peluang bagi masyarakat kecil. Nantinya itu bisa menjadi bagian dari rantai pasok global.

Angela menambahkan jika Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa ada tiga hal yang menjadi fokus dalam pengembangan digital. Pertama, kesetaraan akses digital. Kedua, literasi digital. Ketiga, lingkungan digital yang aman.

"Saya kira, pesan bapak presiden ini sangat penting untuk kita semua, seluruh pemangku kepentingan perhatikan bersama-sama. Ya, begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari pertumbuhan ekonomi digital," papar Angela.



"Bahkan transformasi digital diyakini akan menjadi katalisator utama sumber utama pertumbuhan perekonomian Indonesia," lanjutnya.

Wamenparekraf Angela menerangkan bahwa pemanfaatan big data, AI bisa meningkatkan efisiensi produktivitas bisnis, serta inovasi. Terdapat beragam terobosan menggunakan teknologi juga memberikan kemudahan berbagai aspek kehidupan.

Baca juga: Angela Tanoesoedibjo Sebut Digitalisasi Berperan Penting dalam Pertumbuhan Sektor Parekraf

Selain itu, meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan peningkatan pelayanan publik dan juga layanan dasar, seperti akses keuangan. pendidikan dan juga akses kesehatan.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2488 seconds (0.1#10.140)