Bukan Cuma Gaya, Ini 3 Alasan Orang Pakai Kacamata Hitam saat di Bandara dan Pesawat

Jum'at, 02 Desember 2022 - 15:14 WIB
loading...
Bukan Cuma Gaya, Ini 3 Alasan Orang Pakai Kacamata Hitam saat di Bandara dan Pesawat
Saat berada di bandar udara (bandara), seringkali dijumpai orang yang memakai kacamata hitam. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Saat berada di bandar udara (bandara), seringkali dijumpai orang yang memakai kacamata hitam. Ternyata ada alasan tersendiri kenapa mereka menggunakan kacamata hitam.

Bukan sekadar agar terlihat keren, aksesoris satu ini menjadi salah satu item yang tidak pernah ketinggalan buat sebagian orang lantaran beberapa fungsi lainnya.

Seperti menukil laman Health Digest, terdapat sejumlah alasan kenapa sebagian orang mengenakan kacamata hitam saat di bandara maupun pesawat terbang, berikut di antaranya.

Baca juga: 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan, Bakar Lemak hingga Kurangi Risiko Penyakit Jantung

1. Melindungi Mata

Ketika sedang bepergian, terutama menggunakan pesawat terbang, melindungi mata cukup penting karena menyesuaikan diri dengan zona waktu baru, pasalnya cahaya memiliki efek terkuat pada ritme sirkadian.

Menurut penelitian, pola baru terang dan gelap yang terjadi saat berpindah zona waktu saat bepergian memicu kebingungan di tubuh manusia, tentang kapan waktunya tidur atau bangun.

2. Melindungi Mata dari Sinar Ultraviolet

Kemudian fungsi kacamata hitam selanjutnya adalah dapat melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet atau UV. Meskipun Anda sedang berada di tempat teduh, namun tak memungkiri jika sinar tersebut menyerang bagian mata.

Terlebih saat sedang di dalam pesawat. Ketika Anda mulai lepas landas, maka pesawat akan melewati awan, dan sinar matahari masuk menembus ke dalam kaca. Maka di sinilah fungsi kacamata hitam yang bisa melindungi mata Anda dari UV.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2637 seconds (10.55#12.26)