4 Manfaat Liburan Bagi Kesehatan, Nomor 3 Luar Biasa

Minggu, 04 Desember 2022 - 11:20 WIB
loading...
4 Manfaat Liburan Bagi Kesehatan, Nomor 3 Luar Biasa
Sebuah studi menunjukkan bahwa liburan panjang akhir pekan selama empat hari memiliki efek positif pada kesejahteraan, pemulihan, ketegangan, dan stres. Foto/Ilustrasi/Koran Sindo
A A A
JAKARTA - Akhir pekan merupakan waktu yang tepat untuk berlibur bersama keluarga, teman, maupun orang terkasih. Pasalnya, liburan sudah terbukti banyak memberikan dampak positif, khususnya bagi kesehatan mental.

Sebuah studi menunjukkan bahwa liburan panjang akhir pekan alias long weekend selama empat hari memiliki efek positif pada kesejahteraan, pemulihan, ketegangan, dan stres yang dirasakan selama 45 hari.

Lantas apa saja manfaatnya bagi kesehatan?, berikut ulasannya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

1. Merasa happy
Bagi anda yang suka meluangkan waktu untuk berlibur, tentu bisa meningkatkan mood. Sehingga munculah rasa happy, membuat anda punya kesempatan untuk lebih tenang.

Baca Juga: Jangan Terlena Saat Liburan

"Kunci kebahagiaan sebenarnya bergantung pada seberapa sering, bukan berapa lama, Anda pergi," keterangan dalam WebMD.

2. Meningkatkan fokus
Saat bekerja anda kurang fokus, bisa jadi kurang liburan. Anda mungkin merasa sulit untuk berkonsentrasi dan mengingat sesuatu.

Waktu luang atau libur, dapat mengisi ulang mental dan fisik, sehingga kembali lebih fokus dan berenergi. Imbalannya? Memungkinkan lebih produktif baik di tempat kerja maupun di rumah.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung
Saat anda punya waktu untuk berlibur, dapat mengurangi peluang Anda untuk meninggal akibat penyakit jantung koroner.

Hal ini dijelaskan dalam website WebMD bahwa muncul dalam tes laboratorium, adanya penurunan kadar gula darah hingga ditemukan lebih banyak kolesterol HDL "baik".

4. Mempererat hubungan anda
Saat anda punya waktu liburan bersama pasangan, membuat lebih bahagia dan lebih puas dalam hubungan. Ikatan romantis yang kuat dan ikatan sosial lainnya, dapat membantu tetap sehat secara fisik dan mental, terutama seiring bertambahnya usia.
(hri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2620 seconds (11.252#12.26)