Atlet Basket NBA Justin Holiday Didapuk Jadi Duta Batik untuk Amerika Serikat

Senin, 05 Desember 2022 - 12:38 WIB
loading...
Atlet Basket NBA Justin Holiday Didapuk Jadi Duta Batik untuk Amerika Serikat
Atlet NBA Justin Holiday terlihat mengenakan bomber jacket batik karya desainer Indonesia Ai Syarif. Justin ditunjuk sebagai Batik Ambassador for Amerika Serikat. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Atlet NBA Justin Holiday terlihat mengenakan bomber jacket batik karya desainer Indonesia Ai Syarif. Justin Holiday juga ditunjuk sebagai Batik Ambassador for Amerika Serikat.

"Saya sangat bangga. Saya ini hanya orang biasa, namun Indonesia memberikan kesempatan yang luar biasa untuk saya bisa memperkenalkan batik di Amerika Serikat, khususnya di NBA," kata Justin dalam webinar, Senin (5/12/2022).

Justin Holiday berkesempatan menjajal koleksi bomber jacket batik karya Ai Syarif. Item fashion tersebut dipadukan dengan celana dengan motif serupa.


Atlet Basket NBA Justin Holiday Didapuk Jadi Duta Batik untuk Amerika Serikat

Foto/Istimewa

Ada kisah menarik di balik batik yang dikenakan Justin Holiday. Menurut Ai Syarif, proses produksinya memakan waktu kurang lebih empat bulan. Awalnya motif batik dibuat secara cap di Bangka Belitung, lalu diproses di Lasem, Rembang, Jawa Tengah.

"Pembuat batiknya adalah Wahono. Dia berhasil menjuarai kompetisi batik yang diselenggarakan KJRI Chicago," terang Ai di momen yang sama.

Untuk detail koleksi khusus untuk Justin Holiday, Ai mendapatkan tinggi badan dari pihak KJRI Chicago. Itu kenapa produk yang dibuat sangat personal untuk Justin Holiday.

"Bahkan, kami sematkan ukiran tangan khusus untuk Justin Holiday di koleksi bomber jacket batiknya tersebut," tambah Ai.

Apa makna di balik motif batik yang ada di bomber jacket?

Soal ini, Wahono menjelaskan bahwa itu berkaitan dengan persahabatan antara Amerika Serikat dengan Indonesia yang dituangkan dalam konsep Arjuna dan Krisna.



Arjuna melambangkan pengetahuan dan Krisna melambangkan kebijaksanaan. Dua hal ini amat penting dalam kehidupan seorang manusia dan itu yang coba digambarkan dalam motif batik yang dibuat untuk Justin Holiday.

"Pewayangan Krisna dan Arjuna adalah satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan dan itu yang kami harapkan dari persahabatan antara Indonesia dengan Amerika Serikat," tambah Wahono.

Selain itu, ada simbol 'lung' yang merupakan ujung daun muda. Artinya, simbol relasi sosial. Daun sirih yang ada di bagian tengah dimaksudkan sebagai rasa cinta dan kasih.

"Jadi, kebijakan, ilmu pengetahuan, cinta kasih, dan relasi sosial adalah entitas yang harus dibangun Indonesia dengan Amerika Serikat sebagai jembatan persahabatan," kata Wahono.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)