Keindahan Pura Mangkunegaran, Tempat Pernikahan Kaesang dan Erina

Selasa, 06 Desember 2022 - 16:01 WIB
loading...
Keindahan Pura Mangkunegaran, Tempat Pernikahan Kaesang dan Erina
Pura Mangkunegaran, tempat digelarnya resepsi pernikahan antara Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Pura Mangkunegaran, tempat digelarnya resepsi pernikahan antara Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono ini sempat mencuri perhatian. Bukan hanya keindahannya, bangunan tersebut merupakan bangunan sejarah.

Bukan baru-baru ini saja bangunan tersebut sempat viral. Pada April 2022 lalu unggahan dari akun twitter @yozariam terkait Pura Mangkunegaran sempat membuat netizen takjub.

Baca juga : BUMN Holding Asuransi Ikut Revitalisasi Pura Mangkunegaran Surakarta

Cagar budaya yang terletak di Jalan Ronggowarsito, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah, ini didirikan oleh Raden Mas Said atau Pangeran Sambernyawa bergelar Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara I.

Begitu memasuki pintu gerbang utama Istana Mangkunegaran, pengunjung akan disuguhkan lapangan hijau yang cukup luas yang dulunya adalah tempat pelatihan prajurit tempur Mangkunegaran.

Kemudian di sebelah timur terdapat gedung kecil bergaya Belanda bernama Kavallerie-Artillerie. Konon, bangunan tersebut dulunya merupakan tempat latihan para pasukan berkuda.

Ketika memasuki kompleks Pura Mangkunegaran, maka akan disambut dengan bangunan joglo seluas 3,500 m2 bernama Pendopo Ageng yang dapat menampung massa hingga 10.000 orang dan membuatnya menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia.

Warna hijau yang mendominasi tiang-tiang pendopo ini disebut dengan pari anom yang merupakan warna khas keluarga Mangkunegaran.

Sedangkan hiasan pada bagian atap pendopo ini berwarna emas dengan ukiran bergaya Eropa yang memperlihatkan kemegahan tempat ini.

Pada bagian langit-langit pendopo terdapat delapan kotak lukisan batik motif Modang yang merepresentasikan semangat. Setiap kotak memiliki warna yang berbeda di bagian tengahnya dan bermakna tersendiri.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3504 seconds (11.210#12.26)