Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi, Ini Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

Selasa, 06 Desember 2022 - 16:48 WIB
loading...
Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi, Ini Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan
Daun jambu biji memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Menurut penelitian, daun ini terbukti mampu menurunkan kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Daun jambu biji memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Menurut sejumlah penelitian, daun ini terbukti mampu menurunkan kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi hingga mengatasi jerawat.

Secara tradisional, jambu biji digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit seperti diare, luka, rematik, masalah paru-paru, bisul, dan lainnya. Penelitian menemukan bahwa jambu biji mengandung sejumlah konstituen bioaktif utama seperti flavonoid, asam guayavolat, asam guavanoat, guajadial, guajaverin, dan lainnya.

Dengan aktivitas farmakologis dan biologisnya yang luas, jambu biji memiliki potensi terapeutik yang besar. Jambu biji menampilkan berbagai aktivitas biologis seperti antidiare, antimikroba, antitusif, hepatoprotektif, antioksidan, antikanker, dan aktivitas antistres.

Jambu biji berbentuk oval dan kulitnya berwarna hijau muda atau kuning. Buah ini memiliki biji kecil yang dapat dimakan dan bisa untuk ekstrak obat sebagai teh, dioleskan pada kulit, atau konsumsi daunnya atau suplemen. Berikut manfaat daun jambu biji untuk kesehatan dilansir dari Times Now News, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga: Waspada! Nyeri Pinggul Bisa Disebabkan Kolesterol Tinggi

1. Menyembuhkan Luka

Potensi antibakteri dari ekstrak daun jambu biji terhadap beberapa bakteri yang terkait dengan luka bedah, luka bakar, dan infeksi kulit dan jaringan lunak diteliti dalam kondisi yang berbeda. Skrining fitokimia mengungkapkan adanya beberapa senyawa bioaktif yang telah dikaitkan dengan aktivitas antimikroba.

2. Baik untuk Hati dan Usus

Studi bersama Universitas Alexandria, dan Universitas Damanhour, Mesir menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji adalah obat yang sangat ampuh dalam mengobati gangguan usus atau ketidakseimbangan hati. Daun jambu biji baik sendiri atau dikombinasikan dengan metronidazole telah menginduksi pengurangan jumlah trofozoit yang signifikan dan perubahan besar.

3. Obat Anti Kanker
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2663 seconds (11.210#12.26)