Jelang Pernikahan Kaesang-Erina, Pedagang Pasar Gede dan Seniman Solo Gelar Ritual Keselamatan

Selasa, 06 Desember 2022 - 21:20 WIB
loading...
Jelang Pernikahan Kaesang-Erina, Pedagang Pasar Gede dan Seniman Solo Gelar Ritual Keselamatan
Pedangang Pasar Gede dan seniman Solo menggelar ritual keselamatan menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di pasar pada Selasa (6/12/2022). Foto/R August
A A A
JAKARTA - Pedangang Pasar Gede dan seniman Solo menggelar ritual keselamatan menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono . Ritual dilakukan di dalam pasar pada Selasa (6/12/2022) siang.

Di mana tumpeng nasi kuning dan berbagai hasil bumi turut dibawa dalam ritual ini. Sejumlah penari yang merupakan seniman asal Solo juga terlibat dalam acara tersebut.

Mereka menari dari dalam pasar menuju pintu masuk dengan iringan Suluk Pangkur Singgah-Singgah. Di kalangan masyarakat Jawa, suluk dipercaya mampu untuk menolak bala dan biasa ditembangkan untuk mengawali sesuatu hajat atau upacara penting.

Sementara itu, para pedagang pasar membawa hasil bumi yang dijual di pasar. "Para pedagang Pasar Gede ikut berbahagia dengan ngunduh mantunya pak Jokowi. Ini wujud syukur dari para pedagang sebagai bagian dari masyarakat Solo," kata pemerhati budaya Heru Mataya.

Baca Juga: Kaesang dan Erina Gudono Nikah, Keluarga Sediakan Makanan Gratis untuk Masyarakat Sepanjang CFD Solo

Rasa syukur para pedagang diwujudkan dengan simbol empat tumpeng. Mereka juga mengajak para seniman berdoa agar pernikahan Kaesang dan Erina berjalan lancar.

Harni, salah satu pedagang buah di Pasar Gede mengaku senang bisa terlibat dalam acara doa bersama pernikahan Kaesang dan Erina. Ia berharap keduanya bisa menjadi keluarga sakinah mawadah warrahmah.

"Mas Kaesang dan keluarga pak Jokowi itu sering belanja ke Pasar Gede. Mereka tidak membeda-bedakan, berbaur dengan rakyat kecil seperti kami," jelas Harni.

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan melangsungkan akad nikah pada Sabtu (10/12/2022) di Pendopo Agung Ambarukmo, kawasan Royal Ambarrukmo Hotel Jogjakarta. Sedangkan resepsi pernikahan Kaesang dan Erina akan digelar pada Minggu (11/12/2022) di Pura Mangkunegaran, Solo.

Baca Juga: Sudah Setahun Latihan, Gibran Siap Nyanyi 10 Lagu Beda Genre di Resepsi Pernikahan Kaesang
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1829 seconds (11.97#12.26)