Naya Rivera Dianggap Meninggal Dunia Usai Menghilang di Danau

Jum'at, 10 Juli 2020 - 16:25 WIB
loading...
Naya Rivera Dianggap Meninggal Dunia Usai Menghilang di Danau
Aktris Naya Rivera dianggap meninggal dunia setelah menghilang di Danau Piru, Ventura County, California Selatan, Rabu (8/7), saat berperahu bersama putranya. (CheatSheet)
A A A
Aktris Naya Rivera dianggap meninggal dunia setelah menghilang di Danau Piru, Ventura County, California Selatan, Rabu (8/7). Usaha pencarian dan penyelamatan terhadap aktris berusia 33 tahun itu kini diubah menjadi operasi pemulihan.

“Kami menganggap ada kecelakaan terjadi dan menganggap dia tenggelam di danau,” kata Deputi Chris Dyer dari Kantor Sheriff Ventura County, yang dikutip CNN. “Tujuannya masih untuk membawa Nona Rivera kembali ke keluarganya,” sambung dia.

Naya menghilang dari Danau Piru pada Rabu malam. Dia pergi ke danau itu siang hari dan menyewa sebuah perahu bersama putranya, Josey Hollis Dorsey, yang berusia 4 tahun. Perahu itu seharusnya kembali ke pelabuhan pada pukul 16.00 waktu setempat. Seorang petugas rental menemukan perahu itu di kawasan utara Danau Piru. Josey ada di atas perahu, tapi Naya tidak ada. Sebuah rompi penyelamat ditemukan di atas perahu itu dan balita itu mengenakan rompi penyelamat untuk anak-anak. Penyidik juga menemukan sebuah dompet dan kartu identitasnya. Namun, mereka tidak menemukan petunjuk lain.

Upaya pencarian segera dilakukan pada Rabu itu dan diteruskan hingga pukul 22.00 waktu setempat. Pencarian dilanjutkan pada Kamis (9/7) pagi waktu setempat dan diteruskan hingga matahari tenggelam. Pencarian itu juga akan dilanjutkan jika memang diperlukan.

“Tidak ada tanda-tanda yang mencurigakan, tidak ada tanda-tanda kalau ada sesuatu yang salah selain kecelakaan tragis. Mengubah mode pencarian menjadi mode pencarian dan pemulihan, seperti yang saya katakan, tidak akan mengubah upaya dan tidak mengubah semangat, yang kami dorong dengan operasi pencarian. Tujuannya adalah membawa pulang Rivera ke keluarganya, sehingga mereka bisa mendapatkan kelegaan,” papar Dyer yang dikutip The Washington Post.

Usaha pencarian pada Kamis (9/7) waktu setempat berakhir tanpa ada tanda-tanda Naya ditemukan. Usaha pemulihan diperkirakan dimulai pada Jumat (10/7) siang waktu setempat. Seorang sukarelawan penyelam di Tim Pencarian dan Penyelamatan Bawah Air Kantor Sheriff Ventura County, Max O’Brien, mengatakan, volume serpihan di danau itu sangat buruk sehingga penyelam hanya punya jarak pandang sekitar 1—2 kaki (30—60 cm) di sejumlah area. Penyelam melakukan pencarian dengan sebagaian besar dengan sentuhan. Max menyebutnya sebagai usaha pencarian Braille.

Di konferensi pers terpisah, Sersan Kevin Donoghue dari Kantor Sheriff Ventura County mengatakan, video dari pelabuhan memperlihatkan Naya dan Josey sebagai hanya dua orang yang naik ke perahu itu. Para detektif telah bicara kepada Josey. Hasilnya, mereka tidak yakin kalau Naya sampai ke daratan.

Perahu itu juga tidak disauh. Saat ditemukan, perahu itu juga tidak berada di dekat bibir tepian. Perahu itu ditemukan di kawasan yang memiliki kedalaman sekitar 30 kaki (9 meter).

Danau itu punya jarak pandang yang sangat rendah dengan banyak tumbuhan dan pohon di kawasan pencarian. Ini membuat tidak aman bagi para penyelam dan membuat usaha pencarian lebih rumit. Karena masalah ini, tubuh Naya mungkin tidak akan bisa ditemukan.

“Kalau tubuhnya terlilit sesuatu di bawah air, tubuh itu mungkin tidak akan pernah mengapung,” ujar Donoghue.

Sementara, Josey dikabarkan selamat tanpa kurang apa pun. Kepada polisi, dia mengatakan, dia dan ibunya berenang, tapi sang bunda tidak pernah kembali ke perahu. Josey ditemukan mengenakan rompi penyelamat. Josey saat ini sudah bersama keluarganya. Josey adalah buah pernikahan antara Naya dan aktor Ryan Dorsey. Keduanya menikah pada 2014 dan bercerai pada 2018. Mereka berbagi hak asuh anak.

“Hati dan doa dan pikiran kami ada bersama keluarga Rivera. Ini adalah tragedi mengerikan bagi semuanya dan kami harap bisa memberikan pengungkapan kepada keluarga itu,” ujar Donoghue.

Danau itu sudah ditutup untuk operasi pencarian yang melibatkan lebih dari 100 orang tersebut. Tim penyelamat khusus dari wilayah terdekat, seperti Tulare, San Luis Obispo dan Los Angeles juga turut melakukan pencarian. Yang lain menggunakan helikopter, perahu, dan kendaraan air pribadi untuk pencarian. Para pencari menggunakan teknologi sonar dan lainnya untuk membantu proses pemulihan. Pencarian difokuskan di kawasan utara danau itu, tempat ditemukannya perahu yang ditumpangi Naya dan putranya.

“Rasanya masih terlalu dini untuk mengatakan apa yang terjadi. Kami masih menyelidiki dan berusaha mencari tahu apa yang terjadi,” kata Donoghue. Dia menambahkan, Naya sudah pernah berada di danau itu sebelumnya.

Naya dikenal publik lewat perannya sebagai Santana Lopez di serial Glee yang tayang di Fox dari 2009. Dia tampil di hampir tiap episode drama komedi musikal. Selain itu, dia Naya juga membintangi komedi situasi CBS The Royal Family dan film komedi The Master of Disguise.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2367 seconds (0.1#10.140)