5 Spot Wisata Cantik di Sekitar Gunung Merapi, Nomor 3 Dekat Rumah Mendiang Mbah Maridjan

Rabu, 14 Desember 2022 - 13:04 WIB
loading...
5 Spot Wisata Cantik di Sekitar Gunung Merapi, Nomor 3 Dekat Rumah Mendiang Mbah Maridjan
Gunung Merapi kini bertransformasi menjadi lokasi tujuan wisata favorit. Foto/Instagram Nawang Jagad
A A A
YOGYAKARTA - Merapi merupakan salah satu gunung berapi aktif hingga saat ini. Meski demikian, keindahan pemandangan Gunung Merapi tak pernah gagal menghipnotis para wisatawan.

Gunung Merapi terbagi ke dalam empat wilayah yaitu Kabupaten Magelang di sisi utara, Kabupaten Sleman di sisi selatan, Kabupaten Boyolali, serta Kabupaten Klaten di sisi timur.

Sejak terjadi erupsi besar pada 2010, Gunung Merapi justru bertransformasi menjadi lokasi tujuan wisata favorit. Ya, saat ini banyak sekali tempat wisata alam yang dibuka di lereng Merapi, yang tentu saja tidak boleh dilewatkan.



Berikut lima spot wisata di sekitar Gunung Merapi yang bisa menjadi pilihan liburan saat akhir pekan.

1. Tankaman Natural Park
5 Spot Wisata Cantik di Sekitar Gunung Merapi, Nomor 3 Dekat Rumah Mendiang Mbah Maridjan

Foto/Instagram @tankaman.kaliurang

Tankaman Natural Park adalah salah satu tempat wisata terbaru yang menyajikan landscape Gunung Merapi. Lokasinya yang masih rimbun membuat suasana semakin sejuk, sehingga cocok dijadikan destinasi untuk menepi dari aktivitas rutin yang melelahkan. Dari sana pengunjung bisa melihat indahnya Gunung Merapi yang terapit dua perbukitan.

Tankaman Natural Park terletak di kawasan Kaliurang bisa digunakan untuk aktivitas mulai camping, bersepeda, sampai berkumpul bersama keluarga atau teman dekat. Lokasi Tankaman Natural Park cukup mudah ditemukan, jaraknya sekitar 800 meter dari ikon Kaliurang, yaitu Tugu Udang.

Untuk masuk ke lokasi wisata, pengunjung cukup membayar dengan seikhlasnya. Sedangkan untuk biaya camping, pengelola mematok tarif Rp25 ribu per malam. Makanan dan minuman yang disediakan oleh para penjual pun cukup murah, hanya berkisar Rp15-Rp20 ribu.

Tankaman Natural Park memiliki waktu tutup setiap Selasa. Sedangkan jam bukanya mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

2. Jembatan Plunyon Kalikuning
5 Spot Wisata Cantik di Sekitar Gunung Merapi, Nomor 3 Dekat Rumah Mendiang Mbah Maridjan

Foto/Instagram @pesonajogja.id

Selanjutnya ada jembatan Plunyon Kalikuning yang tak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Jembatan Plunyon sangat cocok dijadikan lokasi berburu foto estetik sebagai bahan di media sosial. Aliran air jernih dari sungai di bawahnya juga sangat cocok untuk wisatawan yang ingin bermain air.

Untuk bisa masuk ke area ini, pengunjung cukup membayar retribusi Rp10 ribu per orang ditambah Rp2 ribu untuk tarif parkir kendaraan. Pengunjung juga bisa menikmati wisata jip lavatour dengan sewa Rp300 ribu.



3. Bunker Kaliadem
5 Spot Wisata Cantik di Sekitar Gunung Merapi, Nomor 3 Dekat Rumah Mendiang Mbah Maridjan

Foto/Instagram @anon_miss

Bunker Kaliadem adalah salah satu tempat wisata di lereng Merapi yang unik dan sarat akan kisah. Seperti namanya, kawasan ini awalnya difungsikan sebagai tempat berlindung warga ketika terjadi erupsi Merapi. Dari sini, pengunjung bisa melihat lebih dekat keindahan dan kemegahan Gunung Merapi. Area bebatuan yang tandus, namun dingin sangat pas dinikmati sembari menyeruput secangkir kopi.

Tempat ini terletak tepat di sebelah selatan Gunung Merapi dan berada di atas rumah Mbah Maridjan. Selain keindahan alam sekitarnya, ketika pengunjung masuk ke area bunker bisa merasakan sisi magis dari cerita mengerikan saat peristiwa erupsi Merapi 2010.

Harga tiket masuk ke kawasan wisata ini hanya dibanderol Rp10 ribu per orang. Dengan harga segitu, pengunjung sudah bisa berkeliling di lokasi bunker dan sekitarnya.

4. Nawang Jagad
5 Spot Wisata Cantik di Sekitar Gunung Merapi, Nomor 3 Dekat Rumah Mendiang Mbah Maridjan

Foto/Instagram @nawangjogja

Terletak di kawasan Kaliurang, Nawang Jagad menawarkan langsung pemandangan Gunung Merapi yang diapit oleh bukit Turgo di sebelah barat dan bukit Plawangan di sebelah timur. Tempat ini sangat cocok dijadikan lokasi berkemah bersama teman-teman dan keluarga.

Tempat ini juga sangat cocok dijadikan untuk lokasi outbond karena memiliki area yang sangat luas. Untuk outbond, pihak pengelola telah menyediakan sejumlah fasilitas penunjang yang semakin menambah kenyamanan pengunjung.

Untuk tiket masuk pengunjung cukup merogoh kocek Rp10 ribu per orang. Sedangkan untuk paket camping, pengelola membanderol harga Rp35 ribu per orang.

5. Ekowisata Kalitalang
5 Spot Wisata Cantik di Sekitar Gunung Merapi, Nomor 3 Dekat Rumah Mendiang Mbah Maridjan

Foto/Instagram @jogja.istimewa

Bagi Anda yang tak ingin lelah melakukan pendakian agar bisa melihat kegagahan Gunung Merapi, Ekowisata Kalitalang menjadi tempat yang pas untuk dipilih saat berlibur di akhir pekan.

Wisata Kalitalang terletak di atas ketinggian 1.600 MDPL. Puncak dan kawah Gunung Merapi terlihat begitu dekat dari objek wisata satu ini. Menariknya, untuk bisa sampai ke lokasi ini, pengunjung harus melewati rute sungai aliran lava Merapi yang bisa menambah adrenalin.

Untuk bisa masuk ke tempat ini, pengunjung cukup membayar tiket Rp5 ribu per orang. Dari lokasi parkir kendaraan, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 5 menit. Di sana, Anda akan disambut oleh sejuknya udara Kalitalang dan beberapa pedagang kecil yang siap memberikan pelayanan terbaik.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)