Ogah Disebut Sutradara Spesialis Horor, Rizal Mantovani Garap Film Drama Aksi Bertajuk Adagium

Kamis, 15 Desember 2022 - 14:21 WIB
loading...
Ogah Disebut Sutradara Spesialis Horor, Rizal Mantovani Garap Film Drama Aksi Bertajuk Adagium
Rizal Mantovani didapuk untuk menyutradarai film bergenre action drama bertajuk Adagium. Foto/Thomas Manggalla
A A A
JAKARTA - Nama Rizal Mantovani erat kaitannya dengan film horor , seperti Jelangkung serta Trilogi Kuntilanak yang cukup dikenal pada masanya, hingga dibuat versi terbarunya di edisi sekarang. Namun kali ini, Rizal Mantovani didapuk untuk menyutradarai film bergenre action drama bertajuk Adagium.

Rizal tak menampik bahwa label sebagai sutradara film horor begitu melekat padanya. Namun, dirinya sebetulnya enggan untuk mengklaim diri sendiri sebagai sutradara spesialis horor. Meski begitu, bukan berarti Rizal menjadi anti terhadap tawaran untuk menangani film horor. Baginya, biarlah itu menjadi klaim dari para penikmat film.

"Saya bukan gak mau disebut sutradara horor, tapi saya sebenarnya kalau dilabel sutradara horor saya gak bisa dicegah. Tapi saya kepada diri sendiri bukan sutradara horor," ungkap Rizal Mantovani saat dijumpai di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (14/12/2022).

Tak berlebihan jika Rizal terus saja disebut sebagai sutradara horor. Di beberapa tahun terakhir pun, Rizal masih dipercaya untuk menangani sejumlah judul film horor seperti Rumah Kentang: The Beginning, Asih 2, hingga yang teranyar, Mumun.



Rizal menyebut dirinya hanya berusaha untuk menginterpretasikan sebuah cerita ke dalam film dengan sebaik mungkin tanpa memandang genrenya. Lagipula Rizal mengungkap bahwa ia mengawali karir sebagai sutradara video klip.

"Saya merasa sutradara yang mendapat cerita dan diterjemahkan dalam film apapun apakah horor, drama, action. Karena dulu kan saya memulainya sebagai sutradara video klip lalu lama lama merambat ke film dan coba berbagai genre," jelasnya.

Lalu untuk film panjang, selain film Jelangkung dan Kuntilanak yang cukup fenomenal, Rizal juga membuat film bergenre drama.

"Di awal ada Jelangkung lalu Kuntilanak, dan saya juga bikin 5CM, Bulan Terbelah Di Langit Amerika," ungkapnya.

Mencoba untuk menyutradarai film genre lain, dirinya tertarik untuk menggarap film Adagium karena dilihat dari segi cerita yang bagus serta ada idealisme tersendiri dalam diri Rizal yang begitu tertarik menggarap film tema nasionalisme.

"Makanya pas dapat ini (Adagium) oke nih bukan horor, ceritanya sudah bagus, dan ada subject spesific yang menurut saya seru yaitu nasionalisme. Kadang kadang kan gini kita bikin film nasionalisme disampaikan dengan cara tertentu akan preachy, ini kita cari cara gimana nggak seperti itu," katanya.

Selain itu, ide untuk mengemasnya dalam drama persahabatan dan percintaan tentu menjadi warna tersendiri hingga semakin menarik untuk dinikmati.

"Saya dari dulu seneng dengan tema nasionalinsme. Negara kita butuh itu ya. Yang ini nasinalisme dengan pendekatan bahwa negara kita lagi mengalami sesautu dengan background cinta dan persahabatan ya saya langsung 'wah ini kayaknya seru untuk dibikin," tandasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)