alexa snippet

Makanan Sehat yang Ringankan Gejala PMS

Makanan Sehat yang Ringankan Gejala PMS
Makanan Sehat yang Ringankan Gejala PMS.(Istimewa).
A+ A-
MEMILIH makanan yang sehat setiap waktunya selama satu bulan bisa menjadi suatu tantangan. Begitu juga bila menyesuaikan hal yang kecil terkait dengan kebiasaan makan dapat membantu Anda mencegah siklus menstruasi yang buruk.

Keluhan yang terjadi saat mendekati datang bulan atau Premenstrual Syndrome (PMS) akan menimpa kaum wanita. Hal yang biasa terjadi mulai dari rasa jengkel, murung, kembung dan sakit. Dalam kondisi seperti ini, sebaiknya makan makanan yang sehat sehingga dapat meringankan kram dan meringankan suasana hati Anda.

Bahkan, makanan tertentu yang di makan pada tahap tertentu pada siklus mentruasi Anda juga membantu mengurangi gejala datang bulan.

Dokter Ahli Gizi Shipra Saklani Mishra mengatakan, makanan yang sehat dan baik, bisa mengontrol PMS. Dan sebaiknya bisa menghindari makanan yang dapat membahayakan saat mengalami PMS.

"Makanan yang Anda makan tidak boleh untuk membawa gejala PMS di bawah kontrol," ujar Shipra Saklani Mishra seperti dikutip Times of India.

Berikut Makanan yang sehat yang dapat mengurangi dan mencegah gejala sakit saat PMS :

1. Makanan Bermagnesium
Magnesium merupakan salah satu jenis mineral yang penting untuk kesehatan tubuh Anda. Hampir semua fungsi dan jaringan di dalam tubuh membutuhkan magnesium. Sebab magnesium berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah peradangan yang dapat menyebabkan kanker, serta meningkatkan kesehatan jantung .

Tak hanya itu Menambahkan magnesium dapat  mengurangi gejala PMS drastis. Makanan yang kaya akan magnesium membantu mengatur serotonin sebagai penyeimbang suasana otak.

Kandungan serotonin, memainkan peran penting dalam meningkatkan mood dan mengurangi nyeri timbulnya PMS. Meningkatkan asupan magnesium membantu mengurangi gejala seperti nyeri payudara dan perut kembung.

Makanan kaya magnesium antara lain, beras merah, kacang, roti gandum, biji bunga matahari, bayam, kacang-kacangan dan kacang mete.

2. Makanan Mengandung Vitamin B
Vitamin B adalah salah satu jenis vitamin yang dapat larut dalam air dan memainkan peran yang sangat penting dalam metabolisme sel. Makanan Vitamin B seperti pisang, dada ayam, ubi jalar, biji-bijian dan kacang-kacangan dapat meningkatkan Mood bahagia seseorang saat PMS.

3. Makanan Berkandungan Lemak Sehat
Menghilangkan lemak memang baik untuk tubuh. Akan tetapi, tidak semua lemak itu jahat, tetapi ada lemak sehat dapat yang dapat mengurangi gejala nyeri saat PMS.  Mengonsumi makanan dengan lemak yang sehat selama dua minggu sebelum siklus menstruasi dapat mengurangi efek PMS. Adapun  Makanan kaya lemak sehat seperti  Labu biji, kenari, tuna dan salmon.

4. Makanan Berkalium
Kandungan Kalium merupakan makanan yang wajib untuk dikonsumsi. Dimana makanan kandungan kalium dapat merubah suasana hati saat PMS. Adapun makanan  berkalium seperti apel, salad buah dan jeruk menjadi pilihan yang baik untuk snack malam awal saat PMS.
halaman ke-1 dari 2
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top