Terungkap! Paspampres Ganteng Mirip Sehun EXO Ternyata Lulusan Terbaik Akmil 2013

Jum'at, 16 Desember 2022 - 18:30 WIB
loading...
Terungkap! Paspampres Ganteng Mirip Sehun EXO Ternyata Lulusan Terbaik Akmil 2013
Aanggota Paspampres ganteng bernama Kapten Inf Mat Sony Misturi (kanan) sukses mencuri perhatian warganet dalam pernikahan Kaesang-Erina. / Foto: Instagram @matsonymisturi
A A A
JAKARTA - Sesosok pria ganteng dalam pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono mencuri perhatian warganet. Anggota Pasukan Pengamanan Presiden/Wakil Presiden (Paspampres) itu dinilai berwajah tampan mirip penyanyi K-Pop, Sehun EXO.

Keberadaan anggota Paspampres itu viral ketika netizen mengunggahnya di media sosial. Akun Twitter @nintytwoloey menyebut pria itu mirip Sehun EXO . Dia pun tak segan mencolek (mention) Kaesang dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menanyakan siapa sosok tersebut.

"Halo mas @kaesangp dan @gibran_tweet tolong infonya mas paspampres yang di foto ini akun sosmednya yang mana mau silaturahmi," kicau @nintytwoloey, dikutip Jumat (16/12/2022).

Baca juga: Viral! Paspampres di Pernikahan Kaesang dan Erina Mirip Sehun EXO, Ini Namanya

Kontan cuitan ini riuh di jagat Twitter. Netizen ramai-ramai menimpali dengan berbagai komentar, mulai dari yang serius hingga kocak. Tak sedikit yang sependapat dengan cuitan @nintytwoloey.

Terungkap! Paspampres Ganteng Mirip Sehun EXO Ternyata Lulusan Terbaik Akmil 2013

(Foto: Instagram @syrfxvii)

Belakangan diketahui anggota Paspampres ganteng tersebut Kapten Inf Mat Sony Misturi. Di foto yang viral, dia tertangkap kamera sedang mengawal Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat acara kirab resepsi pernikahan Kaesang-Erina dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaran di Solo pada Minggu, 11 Desember 2022.

Peraih Adhi Makayasa 2013

Kapten Inf Mat Sony Misturi merupakan lulusan Akademi Militer 2013. Hebatnya, dia lulus dari Lembah Tidar (lokasi Akmil) dengan predikat terbaik! Dengan demikian, dia sekaligus penyandang penghargaan Adhi Makayasa.

Terungkap! Paspampres Ganteng Mirip Sehun EXO Ternyata Lulusan Terbaik Akmil 2013

(Foto: Instagram @matsonymisturi)

Untuk diketahui, lencana Adhi Makayasa diberikan kepada lulusan terbaik pendidikan dasar TNI (Akmil, AAL, AAU) dan Kepolisian (Akpol), yang mencakup tiga aspek, yaitu akademis, jasmani, dan kepribadian (mental). Selain Adhi Makayasa, terdapat pula Tri Sakti Wiratama (sama seperti Adhi Makayasa), namun hanya diberikan di tingkat akhir.

Penyematan gelar lulusan terbaik pertama kali dilakukan pada lulusan awal Akademi Militer Nasional (AMN) pada 1960 atau di era Presiden Soekarno. Ketika itu digunakan istilah Garuda Yaksa dan Kartika Cendekia. Setelah tahun 1966, baru muncul penyebutan Adhi Makyasa dan Tri Sakti Wiratama.

Mat Sony Misturi lahir di Pekalongan, Jawa Tengah. Lulus dari SMAN 1 Pekalongan, dia sempat menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Namun karena suatu hal dia tidak meneruskan kuliahnya. Sony melabuhkan hati ke Akmil.

Prestasi Sony selama menempuh pendidikan sangat mentereng. Bukan hanya meraih gelar Adhi Makayasa, namun dia juga lulus sarjana manajemen pertahanan Akmil itu dengan predikat cumlaude dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,54. Pada upacara penutupan pendidikan dan wisuda Taruna Akmil Tingkat IV di Gedung AH Nasution Kota Magelang pada 2013, penghargaan diberikan KSAD waktu itu, Jenderal TNI Moeldoko (kini kepala staf kepresidenan).

Sony mengikuti Upacara Prasetya Perwira Upacara (Praspa) TNI dan Polri di Kompleks AAL, Bumi moro, Surabaya, dengan Inspektur Upacara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Minggu (2/7/2013). Sebanyak 736 Taruna Akademi TNI dan Polri mengikuti upacara ini, terdiri atas 238 Taruna Akmil, 105 Kadet AAL, 108 Karbol AAU dan 285 Taruna Polri.

Selain Sony, diganjar Adhi Makayasa yakni Pandu Indramanto dari Korps Pelaut (AAL) dan Chandra Ari Wijaya dari Korps Penerbang (AAU). Sedangkan lulusan terbaik Akpol di angkatan 2013 ini yaitu Handa Wicaksana.

Prestasi mentereng Sony bukan hanya ketika di Lembah Tidar. Saat mengikuti Pendidikan Komando Angkatan ke-97, dia juga menyandang predikat lulusan terbaik. Sony pun berhak atas penghargaan Sangkur Perak.

Terungkap! Paspampres Ganteng Mirip Sehun EXO Ternyata Lulusan Terbaik Akmil 2013

(Foto: Instagram @syrfxvii)

Dua tahun terakhir ini Sony bertugas di Istana. Perwira Kopassus ini diberi kepercayaan sebagai asisten Ajudan Presiden Jokowi. Sony menggantikan Kapten Inf Teddy Indra Wijaya yang kala itu mengikuti pendidikan Ranger School US Army di Amerika Serikat.

Teddy, yang juga perwira Korps Baret Merah, kini telah kembali ke Tanah Air. Tak lagi bertugas di Istana, perwira yang memiliki kualifikasi pasukan elite AS ini menjadi ajudan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Viral wajah Sony Misturi yang dianggap mirip Sehun EXO juga menjadi perhatian koleganya sesama asisten ajudan Presiden Jokowi, AKP Syarif Muhammad Fitriansyah. Dengan berkelakar, Syarif menanyakan ke netizen apakah Sony lebih mirip Sehun atau aktor Indonesia, Herjunot Ali.

Terungkap! Paspampres Ganteng Mirip Sehun EXO Ternyata Lulusan Terbaik Akmil 2013

(Foto: Instagram @syrfxvii)

"Gais, ayoo tebak-tebakan yuk. Sebenarnya Bro @matsonymisturi lebih mirip sama Mas @oohsehun (slide ke-2) atau Bang @herjunotali.studio (slide ke-3) ?? Berikan pendapat kalian di kolom komentar bawah," katanya melalui akun Instagram.

Baca juga: Sang Perias Beberkan Kebaikan Erina Gudono: Kamu The Real Princess

Syarif memasang tiga foto dalam unggahannya ini. Foto pertama pose dirinya dan Sony di depan pesawat kepresidenan, foto kedua wajah Sony yang viral saat kirab pernikahan Kaesang dan ketiga foto kolase antara Sony dan Herjunot Ali.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1385 seconds (0.1#10.140)