Hindari 5 Makanan Ini untuk Cegah Kolesterol Tinggi saat Natal

Minggu, 18 Desember 2022 - 09:10 WIB
loading...
A A A
Minyak ini tinggi lemak tak jenuh, yang merupakan kunci untuk menjaga kolesterol baik. Anda juga bisa menukar mentega dengan olesan yang mengandung stanol tumbuhan. Hal ini terbukti menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

4. Krim
Saat hidangan penutup disajikan, krim atau whip cream mungkin menjadi topping pilihan. Namun, memilih alternatif krim yang sedikit berbeda dapat membuat perbedaan besar dalam hal kesehatan jantung. Cobalah menukar krim susu biasa ini dengan alternatif nabati, seperti kedelai atau oat.

Alternatif nabati ini rendah lemak jenuh dan sangat cocok untuk puding Natal. Alternatif ini juga ide yang baik untuk menghindari krim yang mengandung kelapa atau minyak sawit. Pasalnya, krim tersebut mengandung lemak jenuh tingkat tinggi yang tidak akan membantu kolesterol.

5. Makanan Berlemak
Makanan berlemak bisa menyebabkan kolesterol tinggi, terlebih jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Sebagai gantinya, pilih makanan berbahan dasar buah seperti puding buah yang kaya akan serat larut dan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

Salah satu contoh serat larut yang terdapat pada buah-buahan seperti apel, anggur, jeruk, dan stroberi dapat menurunkan kolesterol hingga 10 persen. Karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya, buah-buah tersebut juga dikenal membantu mencegah penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.
(msd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)