alexametrics

Wisata Buku di Kota Pelajar, Yogyakarta

loading...
Wisata Buku di Kota Pelajar, Yogyakarta
Wisata Buku di Kota Pelajar, Yogyakarta. (Istimewa).
A+ A-
YOGYAKARTA - Yogyakarta menyuguhkan berbagai kombinasi yang unik dan menarik untuk berwisata, dari candi-candi kuno, sejarah, tradisi, budaya, hingga keindahan alam. Nah, tidak hanya itu, Yogyakarta juga tempat yang pas untuk berbelanja dan wisata buku.

Dikutip dari Indonesia Travel, selain mendapat julukan sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga disebut sebagai surga bagi para pecinta buku. Kemana pun melangkah, Anda akan dapat menemui pedagang yang menjajakan buku di berbagai penjuru.

Banyaknya Universitas swasta dan negeri yang berdiri di Yogyakarta menjadikan toko buku terdapat di hampir semua sudut kota dari yang kecil hingga yang besar.



Nah, untuk memulainya saat Anda berkunjung ke Yogyakarta maka mampirlah ke Kios Buku Taman Pintar atau yang lebih dikenal dengan nama Shopping Center. Lokasinya di Jalan Sriwedari, di sebelah timur Jalan Malioboro. Berdiri deretan kios-kios yang memajang beragam buku. Ada 124 kios yang tertata rapi di dua lantai. Buka dari pukul 09.00 hingga 21.00.

Buku baru dan buku bekas, dapat Anda temui disini. Tiap kios memiliki spesifikasinya masing-masing, dari buku-buku umum, religi, buku pelajaran, buku penunjang kuliah, hingga novel dan komik. Tak hanya itu, di Shopping center juga tersedia majalah lama, buku lama, buku bekas, makalah, tesis, disertasi dan kliping koran.

Para pedagang di Shopping Center tergabung dalam Koperasi Pedagang Buku (Kopaku Taman Pintar) yang dibentuk tahun 1988. Dibandingkan dengan harga toko-toko buku, harga buku di Shopping Center relatif lebih murah. Untuk buku-buku baru diambil langsung dari penerbit dan menariknya sepanjang tahun, Shopping Center selalu menggelar diskon 30%.

Hampir setiap hari Shopping Center Yogyakarta selalu ramai dikunjungi pembeli, terlebih pada akhir pekan yaitu Jumat hingga Minggu. Shopping Center Yogyakarta pernah menjadi pusat pedagang kaki lima khusus buku terbesar di Asia Tenggara. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan buku-buku kuno dan langka di Shopping Center.

Harga buku lama tergantung ketebalan dan kelangkaannya, “Semakin langka semakin mahal” Buku kuno-kuno berhuruf Jawa dijual Rp2,5 juta sampai Rp3 juta.

Berikut beberapa tempat untuk berwisata buku di Yogyakarta.

1. Toga Mas
2. Social Agency
3. Kios Buku Terban
4. Yusuf Agency
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak