Nyeri saat Buang Air Besar Bisa Jadi Tanda Kanker, Kenali Gejalanya

Selasa, 20 Desember 2022 - 10:15 WIB
loading...
Nyeri saat Buang Air Besar Bisa Jadi Tanda Kanker, Kenali Gejalanya
Nyeri saat buang air besar bisa menjadi tanda kanker yang harus diwaspadai. Ada sejumlah alasan mengapa seseorang mungkin merasa sakit dengan sembelit. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Nyeri saat buang air besar bisa menjadi tanda kanker yang harus diwaspadai. Ada sejumlah alasan mengapa seseorang mungkin merasa sakit dengan sembelit menjadi masalah yang sangat umum.

Diet, stres, dehidrasi, alergi usus, obat-obatan, kehamilan, dan kurang gerak hanyalah beberapa alasan mengapa bisa sembelit. Di mana kondisi ini menyebabkan rasa sakit saat buang air besar, tinja yang keras dan kering, dan buang air besar kurang dari tiga kali seminggu.

Dilansir dari Express, Selasa (20/12/2022) namun, sembelit dan rasa sakit yang menyertainya terkadang bisa menjadi tanda masalah yang lebih serius. Kanker anal atau dubur adalah alasan lain mengapa orang mungkin merasa sakit, meskipun ini adalah alasan yang kurang umum.

Kanker dubur terkait dengan human papillomavirus (HPV) yang merupakan infeksi menular seksual yang umum. HPV dianggap sebagai penyebab paling umum dari kanker jenis ini.



Kanker dubur lebih sering muncul dengan pendarahan dubur, rasa sakit di sekitar anus dan gatal-gatal. Faktanya, perdarahan dari bawah dianggap sebagai salah satu gejala kanker anal yang paling umum.

Pasien mungkin melihat darah di tinja atau ketika mereka menyeka. Jika melihat darah di tinja, penting untuk memantau kondisi dengan cermat dan mencari bantuan medis dari dokter umum.

Sementara itu, gejala umum lain dari kanker dubur adalah keluarnya lendir dari bokong. Lendir mirip dengan dahak atau ingus, dan dapat ditemukan dengan sendirinya atau dicampur dengan tinja.

Namun, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh berbagai keluhan yang berbeda. Di sisi lain, gejala umum kanker dubur di antaranya adalah pendarahan dari atau sekitar dubur, keluar lendir, benjolan menyakitkan di dalam dan sekitar anus.



Sering ke kamar mandi dan sakit di atau sekitar dubur yang tak kunjung sembuh juga merupakan gejala umum kanker dubur. Para ahli menyarankan bahwa mengalami salah satu gejala tersebut sebaiknya segera hubungi dokter.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)