Mengenal Growth Hormone Deficiency, Penyakit Lionel Messi Sebelum Antarkan Argentina Juara Piala Dunia 2022

Rabu, 21 Desember 2022 - 06:06 WIB
loading...
Mengenal Growth Hormone Deficiency, Penyakit Lionel Messi Sebelum Antarkan Argentina Juara Piala Dunia 2022
Lionel Messi pernah didiagnosis mengidap growth hormone deficiency. Foto/Instagram Lionel Messi
A A A
JAKARTA - Lionel Messi yang kini jadi sorotan dunia merupakan kapten timnas sepakbola Argentina yang fenomenal. Namanya sudah dikenal sejak belasan tahun lalu. Kini kiprahnya di dunia sepakbola pun disebut-sebut kian meroket lantaran berhasil mengantarkan Argentina memboyong trofi Piala Dunia 2022.

Siapa sangka, pemain dengan julukan Greatest of All Time itu sempat didiagnosis mengidap penyakit yang menganggu pertumbuhan hingga tinggi badannya lebih pendek dari kebanyakan orang Argentina.

Lionel Messi didiagnosis mengalami growth hormone deficiency pada usia 11 tahun setelah menjalani serangkaian pemeriksaan. Kondisi ini membuatnya kekurangan hormon pertumbuhan sehingga tinggi badan Messi kecil sekitar 132 cm dan tidak tumbuh sejak ia berusia 9 tahun.



Meski begitu, kepiawaiannya dalam bermain di lapangan hijau membuat Messi kecil direkrut oleh FC Barcelona sejak berusia 13 tahun. Melalui surat kontrak itu, klub sepakbola profesional tersebut rela menanggung seluruh biaya pengobatan dan perawatan untuk memperbaiki kondisi kesehatan Lionel Messi.

Messi menjalani serangkaian terapi hormon untuk merawat kondisi growth hormone deficiency yang dialaminya. Pesepakbola ini diketahui mendapat suntikan somatotropin atau hormon pertumbuhan manusia (hGH) setiap hari. Suntikan hormon ini membuat Messi mencapai tinggi badan lebih baik mencapai rata-rata, serta semakin menunjang kariernya sebagai pemain sepakbola.

Hormon pertumbuhan adalah zat yang diperlukan untuk merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan lain yang membantu anak tumbuh dan berkembang. Sedangkan defisiensi hormon pertumbuhan adalah suatu kondisi di mana kelenjar pituitari tidak menghasilkan hormon pertumbuhan yang cukup, sehingga mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak.

Ada dua jenis defisiensi hormon pertumbuhan:

1. Defisiensi GH Bawaan

Ini adalah jenis defisiensi yang biasanya dialami bayi sejak lahir. Awalnya, pertumbuhan mereka mungkin tampak normal tetapi gejalanya mulai terlihat saat berusia sekitar 6 hingga 12 bulan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)