Tak Semua Sereal Baik untuk Kesehatan

Rabu, 18 Maret 2015 - 08:55 WIB
Tak Semua Sereal Baik untuk Kesehatan
Tak Semua Sereal Baik untuk Kesehatan
A A A
SARAPAN dipandang sebagai salah satu momen terbaik untuk menyiapkan energi yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh untuk menjalani aktivitas pada pagi hari.

Untuk tetap menjaga kebiasaan sarapan, sereal, atau biskuit kerap dipilih sebagai alternatif sarapan sehat terutama bagi anak. Namun, orang tua harus lebih berhati-hati karena tak semua sereal baik untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian yang dilansir DailyMail, sereal yang dipandang sebagai alternatif sarapan yang baik ternyata banyak mengandung gula.

Sereal yang identik dengan menu sehat untuk sarapan ternyata mengandung lebih dari 40% gula. Ini tampaknya lebih cocok dikatakan sebagai makanan ringan daripada sereal. Kelompok konsumen menganalisis kadar gula dalam 15 produk sereal dan biskuit yang dijadikan sebagai sarapan. Ditemukan banyak dari produk tersebut tidak sehat seperti yang kebanyakan orang pikir.

Pelanggar terburuk adalah Kellogg Coco Pops Snack Bar yang berisi 42% gula. Sereal lain yang dipasarkan untuk anak-anak, seperti produk terkenal di Inggris Choc Chip Harvest Chewee Milk, ternyata juga mengandung kadar gula tinggi dan lemak jenuh.

Sementara Kellogg Strawberry Nutri-Grain Breakfast Fruit Bar mengandung 31% sereal gandum, juga ditemukan mengandung 33% gula. Para peneliti menyerukan agar tetap memperhatikan label nutrisi dengan jelas di dalam semua kemasan untuk mengingatkan konsumen terkait kandungan gula dalam produk.

“Ini mengkhawatirkan. Sereal, terutama yang ditujukan untuk anak-anak yang dianggap sehat, ternyata mengandung begitu banyak gula dan tidak disertakan dalam kemasan,” ujar peneliti Richard Lloyd.

“Kami sekarang ingin pemerintah untuk mengatasi masalah ini dengan memastikan semua produsen menggunakan komposisi dengan gizi ringan, yang dapat mendorong penurunan gula, lemak, dan garam serta memastikan produsen mempromosikan produk mereka secara bertanggung jawab,” tambahnya. Tingkat terendah gula yang ditemukan dalam 15 produk sereal terdapat dalam produk Quaker Oat So Simple Golden Syrup Morning Bar yang hanya mengandung 15% gula.

Berdasarkan survei, lebih dari 2.100 orang dewasa juga mengungkapkan, mereka senang atas kebijakan pemerintah dengan mengambil tindakan terhadap produsen untuk membantu orang-orang mendapatkan makanan sehat.

(larissa huda)
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5104 seconds (0.1#10.140)