Sambut Liburan Akhir Tahun, 191 Destinasi Wisata di Jogja Siap Dikunjungi

Sabtu, 24 Desember 2022 - 13:40 WIB
loading...
Sambut Liburan Akhir Tahun, 191 Destinasi Wisata di Jogja Siap Dikunjungi
Menyambut liburan akhir tahun, sebanyak 191 destinasi wisata di Jogjakarta siap untuk dikunjungi. 191 destinasi tersebut berada di lima kabupaten/kota. Foto/Wikipedia
A A A
JOGJAKARTA - Menyambut liburan akhir tahun yang sudah di depan mata, sebanyak 191 destinasi wisata di Jogjakarta siap untuk dikunjungi. 191 destinasi tersebut berada di lima kabupaten/kota.

Kepala Dinas Pariwisata Jogjakarta Singgih Raharja mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut lonjakan wisatawan. Di mana sebanyak 5 juta wisatawan diperkirakan akan datang saat liburan akhir tahun.

Selain itu, Jogjakarta juga mengungkapkan 153 desa atau kampung wisata siap dikunjungi saat liburan akhir tahun. Sebagian di antaranya juga memiliki homestay yang siap dijadikan tempat menginap para wisatawan.

"Jadi selain hotel, ada alternatif homestay di desa wisata yang bisa dimanfaatkan wisatawan," jelas Singgih.



Singgih menyebut karena saat ini masih berpotensi hujan, maka ada tiga destinasi wisata yang perlu kesiapsiagaan. 3 destinasi tersebut adalah Perbukitan Menoreh Kulonprogo, dan sekitarnya, Patuk-Imogiri dan sekitarnya serta Pegunungan Sewu Gunungkidul dan sekitarnya.

Singgih mengungkapkan setidaknya ada 12 lokasi yang berpotensi terjadi penumpukan wisatawan. Yang paling banyak terjadi adalah di kawasan sumbu filosofi Jogjakarta. Karena kawasan ini menjadi menu wajib bagi wisatawan yang berlibur ke Jogjakarta.

12 titik yang rawan penumpukan wisatawan tersebut adalah Kraton-Malioboro dan sekitarnya. Untuk Kulonprogo di antaranya adalah Ayunan Langit-Sungai Mudal dan sekitarnya Waduk Sermo-Kalibiru dan sekitarnya. Pantai Glagah dan sekitarnya. Sementara di Bantul ada di Pantai Parangtritis-Depok dan sekitarnya, Hutan Pinus Mangunan dan sekitarnya.

Untuk Kabupaten Sleman, penumpukan wisatawan berpotensi terjadi di Monjali-Jalan Kaliurang dan sekitarnya, kemudian kawsan Prambanan sertaBreksi dan sekitarnya. Di Gunungkidul ada di Bukit Bintang-Nglanggeran dan sekitarnya, Goa Pindul dan sekitarnya, HeHa Ocean View dan sekitarnya, Pantai Baron-Indrayanti dan sekitarnya.



"Terdapat event-event pada malam pergantian tahun baru di seluruh kabupaten, kecuali di kota Jogja karena penyelenggaraannya hanya ada di dalam hotel," tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)