Mengenal Pulau Satonda, Destinasi Wisata yang Terkenal Danau Air Asinnya

Senin, 26 Desember 2022 - 13:31 WIB
loading...
Mengenal Pulau Satonda, Destinasi Wisata yang Terkenal Danau Air Asinnya
Pulau Satonda, Nusa Tenggara Barat. Foto/Instagram @ayoketamannasional_official
A A A
DOMPU - Menjelajahi keindahan alam Nusantara tak akan pernah ada habisnya. Setiap daerah memiliki keunikan dan keindahannya masing-masing, termasuk Pulau Satonda yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini kerap membuat takjub para pelancong.

Pulau Satonda, lokasinya persis berada di lepas pantai utara Pulau Sumbawa dan masuk dalam wilayah Kabupaten Dompu yang jaraknya sekitar tiga kilometer dari Selat Sanggar di Laut Flores.

Bisa dibilang Pulau Satonda merupakan salah satu surga tersembunyi dengan danau purba yang terbentuk di tengah-tengah pulau. Lantas apa saja yang membuat Pulau Satonda menjadi semakin terkenal? Berikut ulasannya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

Asal Mula Pulau Satonda

Pulau Satonda terbentuk dari letusan Gunung Satonda ribuan tahun silam, yaitu gunung api purba yang usianya jauh lebih tua dibandingkan dengan Gunung Tambora, yang berjarak sekitar 30 kilometer dari pulau ini.



Pulau ini terdiri yang termasuk perairan sekitarnya memiliki luas 2.600 hektare yang terdiri dari daratan (453,70 hektar) dan luas perairan (2.146,30 hektar).

Berdiri kokoh di tengah-tengah lautan, hijaunya vegetasi yang tumbuh menutupi ganasnya gunung aktif Satonda. Memanjakan mata bagi siapapun yang datang ke kawasan tersebut.

Pulau Satonda memiliki terumbu karang alami yang luas di perairan sekitarnya dan ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam Laut (TWAL) tahun 1999.

Danau Air Asin Satonda
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)