Penuhi Kebutuhan Air Saat Puasa Jika Tak Mau Alami Hal Ini

Selasa, 28 April 2020 - 13:30 WIB
loading...
Penuhi Kebutuhan Air Saat Puasa Jika Tak Mau Alami Hal Ini
Jika kekurangan air, seluruh kerja organ dalam tubuh tidak akan berjalan baik. Foto/Lifehacker.com
A A A
JAKARTA - Waktu berpuasa kurang lebih 14 jam kerap menjadi kendala seseorang untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Padahal, selama berpuasa proses metabolisme tetap berjalan seperti biasa.

Terutama ekskresi atau proses pembuangan sisa metabolisme serta benda tidak berguna lain seperti berkeringat dan berkemih. Dengan demikian, kebutuhan hidrasi tubuh harus terpenuhi 100% meski tengah berpuasa. Sama seperti biasanya, saat puasa tubuh tetap membutuhkan air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas sehari. Kurang minum menyebabkan dehidrasi yang telah terbukti menurunkan fokus.

"Untuk mengatasi dehidrasi akibat berpuasa, maka kita dianjurkan untuk mencukupi asupan cairan pada saat berbuka hingga sahur. Pastikan kebutuhan cairan terpenuhi. Konsumsi secara bertahap agar tidak kembung dan tak memberatkan fungsi ginjal," kata Akademisi dan Praktisi Gizi Dr. Tirta Prawita Sari, MSc, SpGK.

Air putih merupakan cairan paling alami untuk menghidrasi tubuh. Air putih tidak mengandung pemanis atau kalori, pewarna, maupun pengawet (preservative) sehingga air putih baik untuk kesehatan. Jika kekurangan air, seluruh kerja organ dalam tubuh tidak akan berjalan baik. Begitu pula reaksi kimia dalam tubuh, tidak dapat berlangsung dengan baik.

"Terkait pola minum air, bisa disesuaikan misalnya saat buka puasa minum satu gelas, saat makan ketika berbuka satu gelas, dan seterusnya hingga kuota kebutuhan terpenuhi sampai ketika sahur," jelas Dr. Tirta.

Beberapa hasil penelitian telah menunjukkan bahwa pemenuhan kebutuhan air dalam tubuh dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit serta membuat hidup lebih sehat. Menjaga keseimbangan air dalam tubuh juga tidak kalah penting untuk meningkatkan fungsi tubuh, termasuk menyalurkan nutrisi ke seluruh tubuh.

"Disesuaikan dengan kondisi tubuh (jumlah konsumsi airnya). Kecuali ketika kita memiliki aktivitas yang tinggi atau olahraga, maka dianjurkan untuk mengonsumsi air dalam jumlah banyak demi menjaga cairan tubuh sehingga dehidrasi dapat segera teratasi," tandasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)