Suti Karno Ungkap Perjuangan Melawan Diabetes dan Jantung, Berkali-kali Operasi hingga Harus Diamputasi

Selasa, 27 Desember 2022 - 08:15 WIB
loading...
Suti Karno Ungkap Perjuangan Melawan Diabetes dan Jantung, Berkali-kali Operasi hingga Harus Diamputasi
Aktris Suti Karno harus merelakan kakinya diamputasi lantaran mengidap penyakit diabetes yang dideritanya. Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Aktris Suti Karno harus merelakan kakinya diamputasi lantaran mengidap penyakit diabetes yang dideritanya. Sebelum memutuskan untuk diamputasi, beberapa kali dirinya harus masuk ruang operasi untuk membersihkan luka serta membuang jaringan-jaringan yang sudah mati.

Beberapa bulan lalu, Suti pun mengungkap kronologi dibalik operasi pertama yang harus dilakukannya karena luka yang sudah menjalar

"Sama dokter kulit saya gak kuat obatnya, mual makanya saya dilarikan ke rumah sakit. Di rumah sakit itu saya harus operasi karena (lukanya) sudah menjalar," ungkap Suti Karno dikutip dari YouTube Starpro, Selasa (27/12/2022).

Tak berhenti sampai disitu, pemeran Atun dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan itu harus bolak-balik ke rumah sakit karena luka yang ada di kakinya itu harus selalu dibersihkan. Dokter pun menyarankan pembersihan itu dilakukan di ruang operasi agar sakit yang dirasakan tak terlalu menyiksanya.



"Dua hari sekali saya harus dibersihkan (lukanya), dibuang jaringan-jaringan yang mati, supaya cepat ditumbuhkan jaringannya dan cepat dijahit. Tapi dokter bilang kalau dikerjakan di ruang praktek akan sakit banget, jadi lebih baik di kamar operasi, dibius," ujarnya.

Suti pun membeberkan bahwa diabetes yang dideritanya itu bukan karena faktor keturunan melainkan pola hidupnya yang kurang memperhatikan asupan air putih. Selain itu, Suti juga merasakan sendiri dampak dari terlalu banyak mengonsumsi minuman manis.

"(Diabetes) Saya itu bukan faktor keturunan. Jadi diabetesnya itu karena pola makan, pola hidup masa mudanya yang luar biasa konyol istilahnya banyak minum-minuman manis, minuman yang sebenarnya nggak bisa diminum," jelasnya.

Selain mengidap penyakit diabetes selama 18 tahun, adik dari aktor Rano Karno itu juga sempat mengungkap bahwa dirinya juga mengidap penyakit jantung. Suti juga sempat dioperasi untuk pemasangan ring jantung di tahun 2014.

Suti juga menyebut bahwa dirinya merasa beruntung karena dalam perjuangan melawan sakitnya itu, dirinya ditemani oleh keluarga yang selalu mendukungnya. Beberapa kali menjalani operasi, Suti mengaku bahwa kakak dan adiknya selalu menemani.

Hal ini juga terungkap dari unggahan istri Rano Karno, Dewi Indriati yang beberapa bulan lalu mengunggaj potret dirinya dan sang suami yang berada di samping ranjang rumah sakit tempat Suti Karno terbaring lemah. Dewi pun mendoakan sang adik ipar agar segera sembuh dari penyakitnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2450 seconds (0.1#10.140)