Promosikan Budaya Nusantara di Taipei Melalui Indonesia Cultural Festival

Kamis, 29 Desember 2022 - 13:12 WIB
loading...
Promosikan Budaya Nusantara di Taipei Melalui Indonesia Cultural Festival
Kekayaan seni dan nilai budaya sangat efektif sebagai alat perkenalan atau promosi Indonesia ke mancanegara. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Indonesia merupakan negara yang memiliki keragaman seni dan budaya. Kekayaan seni dan nilai budaya tersebut sangat efektif sebagai alat perkenalan atau promosi Indonesia ke mancanegara.

Bagi WNI yang berdomisili atau sedang menempuh pendidikan di luar negeri bisa menjadikan seni budaya Tanah Air sebagai alat promosi pariwisata, sekaligus memperarat kerja sama dan persahabatan dengan warga negara setempat.

Ini sebagaimana dilakukan Perhimpunan Pelajar Indonesia Taipei Medical University (PPI TMU) di Taiwan. Awal pekan lalu, komunitas pelajar Indonesia ini menggelar festival budaya Indonesia bertajuk Indonesia Cultural Festival yang dihadiri ratusan orang.

Baca juga: Shandy Luo, Penyiar Global Radio yang Populer di TikTok lewat Ayo Main!

Warga Taiwan yang hadir termasuk Vice President TMU, Prof Chieh-Hsi Wu, sekaligus membuka acara tersebut. "Indonesia adalah negara yang sangat menarik. Slogan kami adalah localization. Kami memiliki interaksi yang sangat kuat, hubungan yang kuat antar pelajar internasional dan pelajar lokal. Sangat senang memiliki keragaman budaya di TMU," papar Chieh-Hsi Wu.

Kali pertama digelar, kegiatan seni budaya oleh komunitas pelajar Indonesia di Taipei ini mengangkat tema Wonderful Indonesia. Kegiatan budaya tersebut diadakan di halaman utama kampus TMU dengan latar belakang pemandangan berupa kemegahan Taipei 101 yang hanya berjarak 1 km dari kampus.

Beberapa acara yang disajikan di antaranya Food Bazaar hingga Cultural Night. Dalam Food Bazaar disuguhkan berbagai makanan khas Indonesia seperti nasi rendang, bakso, mie ayam, lontong sate, pempek, gorengan, dan jajanan pasar di antaranya klepon, lupis dan getas.

Sedangkan Cultural Night menghadirkan berbagai sajian seni dan budaya. Di antaranya kesenian Bali, keroncong Bengawan Solo, lagu daerah Cing Cangkeling, permainan angklung Manuk Dadali, lagu Taiwan Tong Hua, serta lagu Jawa Ojo Lamis, dan pementasan Tari Saman.

Promosikan Budaya Nusantara di Taipei Melalui Indonesia Cultural Festival


Sebagai penutup, terdapat flashmob lagu nusantara. Semua penampil menggunakan pakaian adat daerah Indonesia dan Batik sebagai ciri khas Nusantara. Master of ceremony sebagai ikon acara mengenakan kebaya adat Bali dan baju Bodo Makassar lengkap dengan hiasan kepala.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)